Technologue.id, Jakarta – Xiaomi dikabarkan baru saja mematenkan kartu SIM multifungsi. Nantinya kartu ini akan memiliki teknologi SIM yang kompatibel dengan jaringan 5G dan juga sebagai memori penyimpanan.

Dilansir dari Gizchina pada Sabtu (22/2/2020), Xiaomi menghadirkan SIM multifungsi ini untuk menyiasati tren ponsel masa depan yang diprediksi tidak memiliki slot microSD. Dengan begitu, untuk menambah ruang penyimpanan bisa memanfaatkan slot SIM.

Baca Juga:
MIT Sukses Kembangkan Popok Pintar

Sebagaimana yang terjadi dalam beberapa tahun terakhir, banyak ponsel high-end yang tidak memiliki slot microSD seperti iPhone 11 dan Google Pixel 4. Para vendor ponsel menyebut dengan meniadakan slot microSD, desain dan performa ponsel akan lebih maksimal.

Teknologi penyimpanan yang terdapat dalam paten ini bukan dari slot microSD yang biasa digunakan kebanyakan produsen saat ini. Itu berarti kartu ganda ini hanya dapat digunakan pada perangkat Xiaomi dan Redmi.

Baca Juga:
Hippo Gandeng Selebgram Luncurkan Powerbank Unik

Terobosan ini sebenarnya bukanlah yang pertama, perusahaan berbeda pernah memperlihatkan teknologi ini pada tahun 2019 lalu. Namun sepertinya Xiaomi tertarik dalam mengembangkan teknologi ini.

Kita tunggu saja apakah Xiaomi bisa memberikan solusi maksimal dari teknologi ini, mengingat semuanya akan sangat tergantung pada tren teknologi yang akan diikuti produsen lain di masa depan.