Technologue.id, Jakarta – Tahun lalu, tepatnya di bulan Juli, Xiaomi mengenalkan produk laptop pertamanya. Peranti yang dinamai Mi Notebook Air tersebut cukup memukau karena punya spesifikasi yang tak murahan, misalnya RAM 8GB, prosesor Intel Core i5-6200U dual-core 2.3GHz, dan kartu grafis NVIDIA GeForce 940MX plus GDDR5 1GB.

Tak berhenti di sana, di akhir 2016, mereka juga merilis model yang punya kemampuan terkoneksi dengan jaringan seluler. Jadi, Mi Notebook Air 4G hasil kolaborasi dengan China Mobile itu bisa langsung digunakan untuk internetan tanpa perlu Wi-Fi dengan berlangganan paket data bulanan. Walau secara spesifikasi tak berbeda, setidaknya Xiaomi telah mampu menawarkan diferensiasi produk yang cukup menarik.

Lalu, bagaimana dengan rencana Xiaomi tahun ini? Dirumorkan, vendor Tiongkok itu siap merilis generasi kedua Mi Notebook Air.

Sayang, belum ada spesifikasi Mi Notebook Air 2017 yang telah bocor. Namun seperti dikutip dari GSMArena (19/01/17), laptop tersebut akan mengusung chasis dengan material magnesium-lithium, sehingga bobotnya bakal lebih ringan. Kalau Mi Notebook Air versi 13,3 inci punya berat 1,28 kg, kemungkinan Mi Notebook Air 2017 dengan ukuran yang sama akan lebih ringan hingga di bawah 1 kg. Hal yang sama juga bisa berlaku untuk Mi Notebook Air versi 12,5 inci yang tahun lalu lahir dengan berat 1,07 kg.

Campuran material magnesium-lithium memang dikenal lebih ringan, bahkan mencapai 75 persen dibanding aluminium yang digunakan untuk produk yang sama. Akan tetapi, material ini tak murahan, sehingga besar kans banderol Mi Notebook Air 2017 jauh lebih tinggi dari tahun lalu yang ‘hanya’ Rp 10 juta untuk model 13,3 incinya dan Rp 7 juta untuk ukuran 12,5 inci.

 

Baca juga:

Lho, Harga Laptop Xiaomi Kok Mahal?

Ditinggal Hugo Barra, Mampukah Xiaomi Bertahan di Bisnis Smartphone?

Xiaomi Mi 6 Bakal Punya Layar Lengkung?