XL Ajak Vendor Smartphone Bangun Ekosistem 4.5G

XL bersama 8 vendor smartphone di Indonesia (Technologue.id)

Technologue.id, Jakarta – Pertumbuhan jumlah pengguna smartphone 4G dan penggunaan layanan data yang terus meningkat langsung diantisipasi XL Axiata. Perusahaan ini mengaku terus melakukan inovasi teknologi ‘Beyond 4G’dengan menerapkan teknologi 4.5G ready di kota-kota dengan penetrasi 4G yang tinggi.

Supaya layanan ini bisa memberikan manfaat langsung kepada pelanggan, diperlukan dukungan dari sisi ketersediaan smartphone beserta fitur-fitur pendukungnya di pasar Indonesia. XL menggandeng sejumlah produsen dan distributor smartphones menyelenggarakan workshop ‘Beyond 4G ecosystem development’.

Acara ini diikuti oleh beberapa produsen smartphones, chipset, serta distributor smartphone yang menjadi partner XL Axiata bertempat di XL 4.5 Xperience Zone, Lotte Shopping Avenue, Jakarta.

“Dalam satu tahun terakhir ini, pertumbuhan jumlah pengguna smartphonedi XL sangat tinggi, yaitu tumbuh dari hanya 21% menjadi 63% dari total pelanggan XL Axiata saat ini,” kata Rahmadi Mulyohartono, Vice President LTE XL Axiata.

Lebih lanjut, Rahmadi menyatakan penggunaan layanan data sudah mencapai 3.600 TB per hari dan di prediksi akan tumbuh semakin besar dengan layanan video streaming menjadi layanan yang paling banyak diakses pelanggan yang menggunakan smartphones.

Sementara itu, Vice President Service Operation Management XL Axiata, I Gede Darmayusa mengatakan, untuk mengantisipasi pertumbuhan jumlah smartphone yang semakin banyak dengan konsumsi data yang meningkat pesat, XL terus berupaya meningkatkan kemampuan dan kapasitas jaringan dengan teknologi-teknologi pendukung 4.5G.

“Teknologi yang dipakai itu di antaranya 4×4 MIMO, modulasi tinggi 256 QAM dan Carrier Aggregation (CA) frekuensi LTE 1800 MHz dengan LTE 2100 MHz/900 MHz. Penerapan teknologi ini memerlukan dukungan dari sisi smartphone yang mendukung teknologi teknologi 4.5G ini sehingga manfaatnya akan dirasakan oleh pelanggan,” ujar I Gede Darmayusa.

Rahmadi menambahkan, perlu adanya kerjasama yang erat antara XL Axiata sebagai operator dengan produsen smartphones sehingga akan terbentuk ekosistem yang mendukung layanan teknologi teknologi 4.5G. Teknologi yang dibangun di jaringan bisa disesuaikan dengan teknologi di sisi smartphones sehingga manfaatnya secara nyata bisa dirasakan oleh pelanggan, seperti koneksi yang lebih cepat, dan stabil.

XL juga telah membangun 4.5 Xperience Zone di 20 lokasi yang tersebar di Jabotabek, Jabar, Jateng, Jatim, Bali, NTB, Sumatra, Kalimantan dan Sulawesi yang bisa digunakan untuk pengujian smartphones yang akan dipasarkan di Indonesia oleh para produsen dan distributor smartphone.

Workshop ini dilakukan bersama 8 produsen smartphones yaitu Samsung, Xiaomi, LG, Huawei, Asus, Vivo, Oppo, dan Lenovo, chipset manufacturer – Qualcomm dan device partner (Erafone). Melalui aktivitas workshop bersama para produsen smartphone, ada dua hal yang ingin dicapai oleh XL Axiata.

Pertama, bagaimana menyelaraskan kemampuan teknologi teknologi 4.5G di jaringan XL saat ini dan yang akan datang dengan kemampuan perangkat/smartphone untuk mengantisipasi pertumbuhan layanan internet dan data digital yang terus tumbuh secara pesat di masa depan.

Kedua, membuka jalan untuk secara berkesinambungan bersama-sama produsen smartphones mengembangkan verifikasi dan penyelarasan perangkat/smartphones baru di XL 4.5G Xperience Zones. Hal ini guna memastikan manfaat penerapan teknologi jaringan 4.5G akan memberikan pengalaman terbaik kepada pelanggan, sekaligus juga mendukung pengembangan industri selular di Indonesia dengan jumlah pelanggan smartphones yang semakin banyak.

Pada workshop ini, digunakan sejumlah perangkat yang mendukung beberapa teknologi pendukung 4.5G yaitu 4T4R 4×4 MIMO, Teknik Modulasi 256 QAM, serta Carrier Aggregation (CA) di frekuensi LTE1800 MHz/LTE2100 MHz/LTE900 MHz, sesuai dengan teknologi jaringan yang diimplementasikan di XL 4.5G Xperience Zone.

Verifikasi dukungan teknologi teknologi ini didemonstrasikan pada saat workshop untuk menunjukkan kinerja baik di sisi jaringan dan sisi smartphones sehingga memberikan layanan teknologi “Beyond 4G” yang diharapkan.

Kemudian juga ditunjukkan kesiapan jaringan XL Axiata untuk melakukan layanan telepon dan video call melalui jaringan LTE, yaitu VoLTE (Voice over LTE) dan ViLTE (Video over LTE). Ujicoba layanan telepon/video call ini dilakukan dari perangkat yang di dukung VoLTE/ViLTE ke sesama VoLTE/ViLTE, dan juga ke perangkat yang tidak mendukung VoLTE.

loading...