Technologue.id, Banyuwangi – Pada bulan Ramadhan dan momen Idul Fitri biasanya masyarakat Indonesia terjadi lonjakan trafik komunikasi di jaringan milik operator telekomunikasi. XL Axiata mengaku sudah mempersiapkan diri menghadapi lonjakan trafik yang terjadi di momen akbar tahunan tersebut.

Operator yang biasa dikenal sebagai XL itu memprediksi lonjakan trafik terbesar ada di layanan data. Menurut perhitungan XL, trafik layanan data pada Ramadhan dan Idul Fitri 2019 akan meningkat sampai dengan 30% dibandingkan hari biasa.

Ahmad Hamzah, Head of Customer Experience Management XL Axiata mengungkapkan di hari biasa pada tahun 2019 sekitar 9.300 TB data dikonsumsi pelanggan XL setiap harinya. Merujuk angka prediksi 30 persen yang ditetapkan XL, maka diperkirakan ada 12.090 TB data yang dihabiskan di puncak momentum Idul Fitri 2019.

Baca juga:

Janjikan Lebih Banyak Manfaat, XL Axiata Luncurkan Paket Xtra Combo VIP

Angka tersebut mengalami lonjakan signifikan dibanding tahun 2018, pengguna XL menghabiskan tak lebih dari 7.000 TB dalam satu hari. Prediksi adanya peningkatan signifikan tersebut melihat bergesernya tren dan perilaku konsumen yang mulai beralih pada penggunaan data daripada voice maupun SMS.

Mengantisipasi lonjakan trafik yang akan terjadi pada momen tersebut XL mengklaim telah menyiapkan sekitar 10 ribu base transceiver station (BTS) baru di jalur mudik, tujuan mudik dan tempat wisata yang ramai dikunjungi saat Lebaran. Ada juga 50 unit mobile BTS yang akan ditempatkan di lokasi-lokasi dengan trafik komunikasi yang padat.

Selanjutnya, juga dilakukan optimisasi dan rebalancing jaringan yang dilakukan secara digital di titik kumpul atau hotspot Lebaran, seperti antara lain tempat keberangkatan atau kedatangan pemudik dan tempat tujuan wisata.

Baca Juga:

Bangun Jaringan di Luar Jawa, XL Axiata Tambah Duit Jajan

Akses pada layanan streaming kemungkinan akan mengalami kenaikan yang signifikan, baik untuk streaming video maupun musik. Untuk itu telah diantisipasi dengan meningkatkan kapasitas baik di jaringan core, transmisi, juga kapasitas radio di jalur mudik.

Layanan streaming diperkirakan menjadi layanan yang paling dominan, yaitu sekitar 68%. Pada layanan streaming ini, akses ke layanan video (via Youtube, Facebook, dan Intagram) sangat mendominasi, yaitu mencapai 64%. Streaming lain yang cukup banyak diakses adalah games sekitar 2,5%. Selanjutnya, instant messaging 17%, dan media sosial 15%.

Baca Juga:

XL Ajak Nelayan Banyuwangi Berburu Ikan Pakai Aplikasi

XL Axiata memastikan, sebagian besar jalur mudik utama telah terlayani dengan jaringan data berkualitas 4G LTE. Di sepanjang Pulau Jawa, 100% baik jalur tol Trans Jawa maupun jalur kereta api Jakarta – Surabaya telah terlayani jaringan 4G LTE. Di jalan tol di luar Jawa, yaitu Bakauheni – Terbanggi yang juga sudah beroperasi, jaringan 4G XL Axiata telah meng-cover lebih dari 85% jalur tersebut.

Sementara itu untuk jalan raya non tol pantai Utara Jawa dari Jakarta hingga Surabaya telah ter-cover layanan 4G LTE hingga sekitar 95%, dan jalur non-tol Pantai Selatan mencapai sekitar 90%. Di Sumatera lebih dari 94% jalur mudik utama telah tercover oleh jaringan 4G LTE, sedangkan di Kalimantan mencapai 66%.