XL Axiata Catat Kenaikan Trafik Data Selama WFH dan SFH

Technologue.id, Jakarta – XL Axiata memastikan terjadi kenaikan trafik internet yang signifikan dalam satu minggu kegiatan bekerja atau belajar di rumah. Kenaikan ini mencapai sekitar 10-15 persen dibandingkan hari normal.

“Dalam satu minggu ini, ada behaviour penggunaan network XL Axiata terutama pada layanan data. Naik 10-15 persen dari periode sebelumnya, di mana kenaikan trafik terjadi pada pukul 09.00 sampai 12.00 siang,” tutur I Gede Darmayusa, Chief Technology Officer XL Axiata, saat live streaming Media Update – Peforma Jaringan XL Axiata Selama WFH & SFH, di Jakarta, Senin (23/3/2020).

Baca Juga:
XL Axiata Tingkatkan Layanan Dukung Sistem Bekerja dan Belajar di Rumah

Gede mengatakan bahwa kenaikan lonjakan data ini dipicu oleh pergeseran sistem kerja dan belajar, yang sebelumnya dilakukan bukan dalam lingkungan rumah. Akses ke aplikasi-aplikasi penunjang kerja dan belajar dari rumah menjadi favorit pelanggan, dengan kenaikan trafik tertinggi sebesar 48%.

“Biasanya (rutinitas) di kantor dan sekolah, namun sekarang mereka mengakses jaringan di rumah sesuai himbauan pemerintah. WFH dan SFH memberikan kontribusi paling besar bagi kenaikan trafik XL Axiata,” ungkapnya. Adapun kenaikan¬†trafik layanan Voice dan SMS cenderung stagnan.

Jenis layanan data yang paling banyak digunakan adalah Netflix yang mengalami lonjakan trafik hingga 50 persen dibandingkan hari biasa. Selanjutnya adalah layanan video call sebesar 20-30 persen, Mobile Legends 8 persen dan Youtube 3 persen.

Secara keseluruhan di berbagai wilayah terjadi peningkatan trafik layanan. Gede mengungkap, lonjakan trafik data di Jakarta mengalami kenaikan sebesar 6 persen, diikuti Banten (9 persen), Jawa Barat (67 persen), Jawa Timur (12 persen), Bali (22 persen), Nusa Tenggara Barat (21 persen), Aceh (14 persen), Bangka Belitung (11 persen), Kalimantan, sampai ke Sulawesi.

“Hampir seluruh region menunjukkan kenaikan trafik data rata-rata 10 sampai 15 persen,” tandas Gede.

Baca Juga:
Trafik Internet Hari Pertama WFH Terpantau Normal

Untuk mengantisipasi lonjakan trafik, pihak XL Axiata memiliki kapasitas dan menyiapkan jaringan untuk mendukung warga yang bekerja maupun menetap di rumah. Perusahaan mengklaim meningkatkan kapasitas jaringan pada sekitar 1.000 site. XL Axiata yang juga telah menyiapkan jaringan memadai di semua wilayah layanan, termasuk menyiagakan tim jaringan selama 24 jam sehari.

Dari sisi produk, XL Axiata juga memiliki sejumlah produk layanan yang bisa dimanfaatkan masyarakat untuk mendukung kerja atau belajar dan kuliah dari rumah. Salah satunya adalah paket Xtra Unlimited Turbo, yang memungkinkan pelanggan bisa lebih leluasa mengakses aplikasi yang bisa mendukung bekerja atau belajar di rumah.

Recent Articles

Telkomsel Manfaatkan Peluang Bisnis Home Broadband Lewat ‘Orbit’

Technologue.id, Jakarta - Penetrasi Home Broadband atau internet kabel di Indonesia masih rendah. Bahkan bila dibandingkan dengan negara berkembang lain, Indonesia masih...

Riset Sea Insights: 70% UMKM Manfaatkan Media Digital

Technologue.id, Jakarta - Pandemi virus Corona berhasil menggeser kebiasaan masyarakat termasuk dalam berbisnis. Bahkan menurut laporan Sea Insights, sekitar 70% pelaku UMKM...

Makin Canggih, iPhone 12 Bisa Rekam Video 4K dengan FPS Tinggi?

Technologue.id, Jakarta - Rumor terkait iPhone 12 kembali mencuat. Kali ini dikatakan, ponsel generasi terbaru dari Apple itu akan memiliki kemampuan merekam...

Telkomsel Orbit, Layanan Internet Rumah Praktis dan Kontrol Mandiri

Technologue.id, Jakarta - Telkomsel resmi meluncurkan layanan internet jaringan 4G untuk pengguna rumahan. Tingginya peluang bisnis layanan internet rumahan di Indonesia mendorong...

Vincent dan Desta Masuk Scene Film Iron Man

Technologue.id, Jakarta - Video deepfake sejumlah artis Indonesia viral di internet baru-baru ini. Video yang dibuat dengan Artificial Intelligence (kecerdasan buatan) yang...

Related Stories