Contact Information

Alamat: Komplek Rumah Susun Petamburan Blok 1 Lantai Dasar, Tanah Abang - Jakpus 10260

We're Available 24/ 7. Call Now.
XL Axiata Catat Kenaikan Trafik Data Selama WFH dan SFH
SHARE:

Technologue.id, Jakarta - XL Axiata memastikan terjadi kenaikan trafik internet yang signifikan dalam satu minggu kegiatan bekerja atau belajar di rumah. Kenaikan ini mencapai sekitar 10-15 persen dibandingkan hari normal. "Dalam satu minggu ini, ada behaviour penggunaan network XL Axiata terutama pada layanan data. Naik 10-15 persen dari periode sebelumnya, di mana kenaikan trafik terjadi pada pukul 09.00 sampai 12.00 siang," tutur I Gede Darmayusa, Chief Technology Officer XL Axiata, saat live streaming Media Update - Peforma Jaringan XL Axiata Selama WFH & SFH, di Jakarta, Senin (23/3/2020).

Baca Juga: XL Axiata Tingkatkan Layanan Dukung Sistem Bekerja dan Belajar di Rumah

Gede mengatakan bahwa kenaikan lonjakan data ini dipicu oleh pergeseran sistem kerja dan belajar, yang sebelumnya dilakukan bukan dalam lingkungan rumah. Akses ke aplikasi-aplikasi penunjang kerja dan belajar dari rumah menjadi favorit pelanggan, dengan kenaikan trafik tertinggi sebesar 48%. "Biasanya (rutinitas) di kantor dan sekolah, namun sekarang mereka mengakses jaringan di rumah sesuai himbauan pemerintah. WFH dan SFH memberikan kontribusi paling besar bagi kenaikan trafik XL Axiata," ungkapnya. Adapun kenaikan trafik layanan Voice dan SMS cenderung stagnan. Jenis layanan data yang paling banyak digunakan adalah Netflix yang mengalami lonjakan trafik hingga 50 persen dibandingkan hari biasa. Selanjutnya adalah layanan video call sebesar 20-30 persen, Mobile Legends 8 persen dan Youtube 3 persen. Secara keseluruhan di berbagai wilayah terjadi peningkatan trafik layanan. Gede mengungkap, lonjakan trafik data di Jakarta mengalami kenaikan sebesar 6 persen, diikuti Banten (9 persen), Jawa Barat (67 persen), Jawa Timur (12 persen), Bali (22 persen), Nusa Tenggara Barat (21 persen), Aceh (14 persen), Bangka Belitung (11 persen), Kalimantan, sampai ke Sulawesi. "Hampir seluruh region menunjukkan kenaikan trafik data rata-rata 10 sampai 15 persen," tandas Gede.

Baca Juga: Trafik Internet Hari Pertama WFH Terpantau Normal

Untuk mengantisipasi lonjakan trafik, pihak XL Axiata memiliki kapasitas dan menyiapkan jaringan untuk mendukung warga yang bekerja maupun menetap di rumah. Perusahaan mengklaim meningkatkan kapasitas jaringan pada sekitar 1.000 site. XL Axiata yang juga telah menyiapkan jaringan memadai di semua wilayah layanan, termasuk menyiagakan tim jaringan selama 24 jam sehari. Dari sisi produk, XL Axiata juga memiliki sejumlah produk layanan yang bisa dimanfaatkan masyarakat untuk mendukung kerja atau belajar dan kuliah dari rumah. Salah satunya adalah paket Xtra Unlimited Turbo, yang memungkinkan pelanggan bisa lebih leluasa mengakses aplikasi yang bisa mendukung bekerja atau belajar di rumah.

SHARE:

6 Rekomendasi Aplikasi Membaca Al-Quran dengan Mudah di Bulan Ramadan

7 Aplikasi Memasak untuk Sahur dan Berbuka Puasa di Bulan Ramadan