Technologue.id, Jakarta – XL Axiata dan Badan Keamanan Laut Republik Indonesia (Bakamla) kembali melanjutkan kerjasama dalam membangun “Desa Maritim” di sejumlah lokasi yang terletak di perbatasan negara.

Desa Maritim kali ini dibangun di Kabupaten Asahan, Sumatera Utara, yang berada persis di pesisir Selat Malaka, dan berseberangan langsung dengan negara tetangga. Kerja sama ini mencakup menerapan sarana dan teknologi digital untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat setempat.

“Pengamanan di daerah-daerah perbatasan menyangkut berbagai aspek. Selain menempatkan aparat keamanan dengan berbagai teknis pengamanan, juga perlu diperkuat ketahanan dari sisi warga masyarakat yang berdomisili di daerah perbatasan. Salah satunya adalah dengan mengupayakan peningkatan kualitas hidup mereka”, pernyataan resmi Group Head XL Axiata West Region, Francky Rinaldo Pakpahan yang diterima Technologue.id pada 18 September 2019.

Baca Juga:
Uji Coba 5G, XL Axiata Lakukan Komunikasi Virtual Pakai Hologram

Lebih lanjut, Francky juga menjelaskan bahwa XL Axiata akan mengimplementasikan semua program sosial berbasis digital yang dimiliki di Program Desa Maritim yang telah diimplementasikan di berbagai daerah, terutama terkait dengan penguatan kapasitas masyarakat di desa-desa tertinggal, maupun guna meningkatkan produktivitas di era digital. Selain itu juga program donasi kuota bagi sejumlah sekolah di wilayah Kabupaten Asahan.

“Kualitas hidup yang baik diharapkan akan meningkatkan partisipasi masyarakat terhadap program pengamanan atas kedaulatan negara dan berbagai bentuk gangguan keamanan lainnya. Di ranah penguatan kualitas hidup inilah XL Axiata antusias ikut mendukung Program Desa Maritim”, lanjutnya.

Tak cuma itu, XL Axiata pun mendukung keberadaan Laut Nusantara yang merupakan aplikasi yang paling dibutuhkan nelayan. Pasalnya, ia dilengkapi dengan informasi mengenai tinggi gelombang dan kecepatan angin yang diyakini dapat meningkatkan keamanan saat nelayan bekerja di tengah laut.

Baca Juga:
Jaringan 4G XL Axiata Sambangi Sulawesi Selatan

Untuk mendukung penggunaan aplikasi tersebut, pihak XL Axiata juga memberikan peserta pelatihan dengan smartphone yang di dalamnya sudah terpasang aplikasi Laut Nusantara dan kartu SIM XL Axiata berikut paket data internet.

Saat ini XL Axiata sendiri telah melayani masyarakat di Kabupaten Asahan dengan infrastruktur jaringan yang dipancarkan melalui lebih dari 250 BTS. Dari jumlah tersebut, lebih dari 80 BTS di antaranya memancarkan sinyal 4G LTE dan sekitar 110 BTS memancarkan sinyal 3G.