Contact Information

Alamat: Komplek Rumah Susun Petamburan Blok 1 Lantai Dasar, Tanah Abang - Jakpus 10260

We're Available 24/ 7. Call Now.
XL Axiata Klaim Sukses Jalankan Efisiensi Pakai AI
SHARE:

Technologue.id, Yogyakarta - Perkembangan kemampuan kecerdasan buatan (AI) belakangan semakin tinggi yang bisa dimanfaatkan secara luas. XL Axiata mengaku sudah menggunakan AI untuk membantu perusahaannya agar lebih efisien dan efektif.

Diakui Yessie D. Yosetya sebagai Direktur & Chief Enterprise Business and Corporate Affairs Officer bahwa penggunaan AI di XL Axiata tidak hanya sekedar tren. Ia mengklaim penggunaan AI menjadi strategi kunci untuk meningkatkan efisiensi, memberikan pengalaman pelanggan yang lebih personal, dan membuka peluang bisnis baru.

"Kami memandang AI sebagai teknologi yang memiliki peran penting dalam mendukung efektifitas dan efisiensi kegiatan operasional kami, termasuk dalam mewujudkan pengalaman pelanggan yang lebih baik. Implementeasi AI di berbagai sektor operasional XL Axiata menghasilkan beragam keunggulan kompetitif," kata Yessie di Yogyakarta.

Baca juga:
XL Axiata Kenalkan Solusi Smart Farming untuk Petani Hidroponik

Pada sisi jaringan, AI berperan dalam pemeliharaan jaringan yang prediktif, manajemen lalu lintas real-time, dan perencanaan jaringan otonom. Hal ini memungkinkan XL Axiata untuk meningkatkan keandalan layanan dan mengurangi waktu henti (down time), menempatkan perusahaan di posisi terdepan dalam kinerja jaringan.

Sewaktu belum menggunakan AI, XL Axiata selalu menghadapi persoalan penggunaan daya yang berlebihan. Selain itu juga menghadapi tantangan dalam perencanaan dan upgrade menara.

"Setelah menggunakan AI, konsumsi energi atau listrik bisa dikurangi, jejak karbon menurun, ROI pembangunan menara meningkat, kualitas layanan naik, juga NPS naik 5-6 pts," jelas Yessie.

Baca Juga:
Sasar Bisnis 5G, Huawei dan XL Axiata Bangun Jaringan Inti Terkonvergensi Penuh

Selanjutnya pada sisi pelayanan pelanggan, XL Axiata memanfaatkan AI untuk meningkatkan pengalaman pelanggan yang dipersonalisasi. Solusi berbasis AI memungkinkan XL Axiata untuk memberikan dukungan pelanggan yang dipersonalisasi dan instan, meningkatkan kepuasan dan loyalitas pelanggan.

"Sebagai gambaran, dengan AI, rata-rata waktu penanganan keluhan pelanggan bisa berkurang hingga 50%. Lalu, resolusi panggilan pertama meningkat 60%, net promoter score naik 4-5pts, dan tingkat curn berkurang hingga 5%," paparnya.

Dengan AI, XL Axiata mampu meningkatkan juga efisiensi operasional. Penerapan AI memungkinkan otomatisasi berbagai proses seperti penjualan, layanan, dan onboarding pelanggan, mengurangi biaya dan meningkatkan efisiensi operasional. Pendekatan ini membedakan XL Axiata dari kompetitornya.

Lebih lanjut Yessie menjelaskan bahwa XL Axiata juga memanfaatkan AI untuk mengekstraksi insight dari data yang besar. Hal ini membuka peluang sumber pendapatan baru, seperti menawarkan solusi berbasis AI kepada mitra eksternal dan industri, mengubah perusahaan menjadi perusahaan yang digerakkan oleh teknologi.

SHARE:

Ericsson Gelar Hackathon 2024 Fokus di Sektor Manufaktur

Hilal Makin Jelas, Perkawinan XL-Smartfren Digelar Tahun 2024?