XL Axiata Lakukan Penguatan Jaringan Hadapi Lonjakan Data di Ramadan 2021

- Advertisement -

Technologue.id, Jakarta – XL Axiata terus meningkatkan kualitas jaringan data di seluruh wilayah Indonesia. Penguatan jaringan data ini terus dilakukan seiring dengan prediksi meningkatnya trafik penggunaan layanan data selama Ramadan dan Lebaran 2021.

Seperti tahun sebelumnya, aktivitas berkomunikasi masyarakat menggunakan layanan seluler termasuk layanan data di rumah diperkirakan juga akan terus meningkat dengan adanya larangan pemerintah kepada masyarakat untuk tidak melakukan mudik.

“Belajar dari tahun lalu, trafik penggunaan layanan sepanjang Ramadan dan Lebaran mengalami kenaikan yang signifikan, bahkan saat pandemi berlangsung dan berlaku pembatasan pergerakan masyarakat,” ujar David Arcelus Oses, Direktur Komersial XL Axiata, dalam konferensi pers online, Kamis (8/4/2021).

Baca Juga:
Ramadan 2021, Ini Daftar Promo Paket Internet XL-Axis

Trafik jaringan diperkirakan akan meningkat hingga 10% selama Ramadan dibandingkan trafik di hari biasa, dan akan meningkat lagi hingga 20% saat masuk di masa libur Lebaran. Untuk itu, XL Axiata telah menyiapkan jaringan yang bisa mengakomodir semua peningkatan trafik tersebut dengan menambah kapasitas hingga 200% dibandingkan kapasitas harian.

Selain itu, optimalisasi jaringan juga dilakukan dengan melihat kemungkinan pergerakan masyarakat atau pelanggan. Karena itu, kebijakan pemerintah yang melarang mudik saat Lebaran akan menjadi arahan untuk lebih memperkuat jaringan di area pemukiman, tanpa mengurangi kualitas jaringan di lokasi-lokasi wisata.

Layanan-layanan digital yang bisa membantu pelanggan beribadah serta bersilaturahmi diperkirakan akan banyak diakses masyarakat.

Aplikasi-aplikasi yang mengediakan e-book kemungkinan akan banyak diakses guna mendapatkan Al Quran atau buku-buku agama versi digital. Selain itu, aplikasi yang memungkinkan masyarakat untuk bersilaturahmi secara daring juga kemungkinan akan semakin banyak diakses.

Tradisi Ramadan dan Lebaran juga mendorong masyarakat untuk mempererat silaturahmi. Aplikasi yang memungkinkan pertemuan beramai-ramai seperti untuk sekolah daring akan dimanfaatkan juga untuk silaturahmi keluarga dan komunitas.

Baca Juga:
Kesiapan XL Axiata Hadirkan 5G

Ahmad Hamzah, Head Strategic Operation and Automation XL Axiata

Ahmad Hamzah, Head Strategic Operation and Automation XL Axiata, memaparkan kemungkinan kenaikan trafik juga akan terjadi pada aplikasi-aplikasi yang menyediakan sarana hiburan dan gaya hidup, terutama streaming musik, film, video, dan gim.

“81 persen total trafik kita sekarang ada di video, mostly itu ada di YouTube, Facebook, Instagram, dan TikTok. Kemudian gaming juga tetap bertumbuh. Social network juga harus update status. Dan social messaging juga tumbuh,” jelas Hamzah.

Berdasarkan tren Lebaran tahun sebelumnya, kenaikan trafik akan terjadi di kota Bandung, Cirebon, Tegal, Semarang, Surabaya, Madura, Medan, Lampung, Makassar, Banjarmasin, dan Lombok.

“Melihat tren peningkatan trafik di kota-kota tersebut, kami akan menambah kapasitas tiga kali lipat (12-ribuan) dibandingkan tahun kemarin jumlah site penambahan kapasitas dan perluasan jaringan. Kita juga tetap melanjutkan kota-kota fiberisasi, kemudian core system data service dan upstream 100% dibandingkan tahun lalu, serta memodernisasi jaringan,” katanya.

Khusus di Ramadan tahun ini, Ahmad mengatakan XL Axiata juga menambahkan 17 mobile BTS di samping 64 mobile BTS eksisting yang sudah dioperasikan untuk mendukung layanan di area tol, pariwisata, dan daerah pemukiman.

- Advertisement -

Latest News

Samsung A Series Terbaru Ideal Bagi Kreator Milenial

Technologue.id, Jakarta - Samsung Galaxy A32, A52, dan A72 merupakan smartphone yang cocok digunakan oleh kreator Gen Z dan milenial. Hal ini...

Awas Hadiah PlayStation 5 Palsu

Technologue.id, Jakarta - Phishing berkedok hadiah PlayStation 5 marak terjadi belakangan ini. Mereka memanfaatkan status konsol tersebut yang kian langka untuk menarik...

Facebook Mulai Uji Coba Layanan Tandingan Clubhouse

Technologue.id, Jakarta - Keinginan Facebook untuk membuat layanan tandingan Clubhouse akan segera terwujud. Media sosial besutan Mark Zuckerberg itu bahkan telah menggelar...

PUBG Mobile Blokir 1,6 Juta Akun Karena Gunakan Cheat

Technologue.id, Jakarta - Sekitar 1,6 juta akun telah diblokir secara permanen oleh PUBG Mobile. Ini lantaran mereka melanggar ketentuan dengan menggunakan cheat.

Pangeran Philip Mangkat, Netizen Berkabung

Technologue.id, Jakarta - Kerajaan Inggris berduka, Pangeran Philip yang merupakan suami dari Ratu Elizabeth II meninggal dunia. Kabar ini pun langsung menyeruak...

Related Stories