XL Axiata Lulus ULO dari Kemenkominfo, Siap Gelar 5G

- Advertisement -

Technologue.id, Jakarta – Operator seluler XL Axiata dinyatakan lulus Uji Laik Operasi (ULO) oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo), setelah melalui serangkaian pengujian dan mendapatkan Surat Keterangan Laik Operasi (SKLO).

Dengan lulus uji ini, XL Axiata akan segera menyusul PT Telkomsel dan PT Indosat Tbk yang telah menyelenggarakan jaringan generasi kelima atau 5G di Indonesia.

Baca Juga:
XL Axiata Siap Luncurkan Teknologi 5G

Anak perusahaan Axiata Group itu melakukan pengujian jaringan 5G sebagai bagian dari ULO di Jalan Margonda, Depok, Jawa Barat.

“Hari ini kita menyambut XL Axiata yang baru saja mendapatkan keterangan SKLO layanan 5G pada 6 Agustus 2021. Setelah pelaksanaan ULO pada 3-5 Agustus, langsung diterbitkan sertifikat di Depok. Dengan demikian, sekarang 5G didukung tiga operator seluler nasional,” ungkap Johnny G Plate, Menteri Kemenkominfo, dalam konferensi pers yang digelar secara daring, Kamis (12/8/2021).

Menkominfo menambahkan, penerbitan SKLO Layanan Jaringan 5G PT XL Axiata, Tbk dilaksanakan sesuai amanat Pasal 4 Peraturan Menteri Kominfo Nomor 5 tahun 2021 tentang Penyelenggaraan Telekomunikasi.

Melalui penerbitan SKLO Layanan 5G tersebut, maka layanan jaringan, serta seluruh sarana dan prasarana 5G yang telah selesai dibangun oleh PT XL Axiata, Tbk, secara teknis dinyatakan siap beroperasi. 

Xl Axiata akan menggelar jaringan 5G secara teknis melalui dynamic spectrum sharing atau frekuensi yang dimiliki perusahaan, yakni 1,8 GHz pada rentang 1807,5 hingga 1827,5 MHz. Hal ini dikarenakan, XL Axiata belum memiliki tambahan frekuensi yang dialokasikan pemerintah untuk menggelar 5G.

Johnny menyatakan saat ini layanan komersial 5G telah didukung oleh tiga operator telekomunikasi nasional.

Baca Juga:
Layanan VoLTE XL Diperluas, Kini Hadir di 224 Kabupaten

Menurut Johnny, kehadiran layanan jaringan 5G tidak hanya mampu menunjang kemajuan industri telekomunikasi, namun dapat menumbuhkan beragam derivative industry. Baik itu industri fintech, ecommerce, edutech, health tech, serta beragam industri lainnya akan semakin melesat, meramaikan ekosistem digital Indonesia.

Sementara itu, Presiden Direktur dan CEO XL Axiata, Dian Siswarini menegaskan XL Axiata siap menggelar jaringan 5G di Indonesia serta memperluas cakupan layanan perusahaan.

“Kami sudah melakukan berbagai persiapan sampai akhir Juli kami ajukan ULO ke Kemenkominfo. Alhamdulillah ULO berjalan lancar dan sesuai jadwal dalam tiga hari 3 hingga 5 Agustus di daerah Depok. Dan lolos semua aspek pengujian sehingga dapat SKLO untuk 5G,” ujar Dian.

Tak hanya untuk konsumen, jaringan 5G XL Axiata juga ditujukan untuk mendukung kepentingan Business to Business (B2B) hingga enterprise.

Dian menambahkan, setelah lolos ULO 5G, XL Axiata telah siap untuk menggelar jaringan dan layanan 5G di Indonesia, termasuk secara bertahap akan memperluas cakupan wilayah layanannya.

Untuk tahap awal, jaringan 5G XL Axiata tersedia di empat kota yakni Jakarta, Bandung, Yogyakarta dan Surabaya, dengan cakupan area yang masih terbatas mulai pertengahan Agustus 2021.

- Advertisement -

Latest News

Related Stories