XL Axiata Pamer Pencapaian di Tengah Pandemi

- Advertisement -

Technologue.id, Jakarta – Dalam situasi pandemi virus Corona, PT Axiata Tbk (XL Axiata) mengumumkan pertumbuhan pendapatannya. Perusahaan mencatat pendapatan layanan (service revenue) di sepanjang semester 1 2020 sebesar Rp 12,13 triliun, meningkat 10% dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya.


Tidak hanya itu, pendapatan lain seperti layanan data juga terus tumbuh 15% dari periode yang sama tahun sebelumnya (YoY), dan sekaligus meningkatkan kontribusinya terhadap total pendapatan layanan (service revenue) perusahaan menjadi sebesar 91%.


Pada semester pertama 2020 ini XL Axiata juga berhasil meraih EBITDA Rp 6,49 triliun, lebih tinggi 37% dibandingkan perolehan semester 1 2019. Laba bersih setelah pajak pada semester ini tercatat Rp 1,7 triliun. Secara kuartal, pada periode kuartal 2 2020 ini EBITDA juga berhasil tumbuh 4% lebih tinggi dari kuartal sebelumnya, dan laba bersih setelah pajak mencapai sebesar Rp 224 miliar.

Baca Juga:

XL Axiata Ungkap Pencapaian di Moment Kemerdekaan


Beban usaha pada semester 1 2020 ini pun tercatat menurun 12% dari periode yang sama tahun sebelumnya (YoY). XL Axiata juga berhasil mempertahankan jumlah pelanggan. Per akhir kuartal kedua 2020 ini, jumlah pelanggan meningkat tipis menjadi 55,67 juta dari 55,49 di kuartal sebelumnya.


Dalam keterangan resmi pada Kamis (27/8/2020), Presiden Direktur & CEO XL Axiata, Dian Siswarini mengatakan hasil positif yang didapat perusahaan ini tidak lepas dari meluasnya kebutuhan masyarakat atas akses internet. Dimana pada masa pandemi ini kegiatan bekerja dan belajar dilakukan dengan koneksi internet dari rumah.


“Trafik pemakaian data mengalami peningkatan terutama di bulan-bulan awal masa pandemi. Namun kita belum tahu sampai kapan ini terjadi, mengingat seiring dengan pandemi ini daya beli masyarakat dan juga kondisi ekonomi secara umum juga ikut melemah karena terdampak,” ujarnya.

Baca Juga:

XL Axiata Umumkan Pengunduran Diri Mohamed Adlan dari Jajaran Direksi


Lebih lanjut, Dian menambahkan untuk menyikapi dinamika tersebut, pihaknya akan mengambil sikap hati-hati dan penuh perhitungan. Produk atau paket data baru juga dihadirkan dengan pertimbangan matang berdasarkan analisa data pola konsumsi layanan oleh para pelanggan.


“Kedepan tentunya tantangan dan tekanan yang akan dihadapi industri telekomunikasi termasuk XL Axiata tentunya masih akan berat. Dan tentu kami harus tetap optimis dan menyiapkan segala daya upaya untuk mengantisipasi ke depannya”, pungkas Dian.

- Advertisement -

Latest News

Related Stories