Technologue.id, Jakarta – XL Axiata semakin memperluas layanan data yang berkualitas di Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT). Pembangunan infrastruktur data ini juga merupakan bagian dari komitmen XL Axiata untuk mendukung percepatan pembangunan di Kawasan Timur Indonesia selaras dengan visi pemerintah Republik Indonesia.

Sampai dengan saat ini, XL Axiata telah memperkuat jaringan data di wilayah NTT dengan membangun lebih dari 400 BTS termasuk sekitar 90 BTS 4G. Pada tahun 2019 ini, XL Axiata masih akan terus memperkuat jaringan data di wilayah ini dengan membangun lebih dari 220 BTS 4G.

Baca Juga:
Proyek Kabel Laut XL Axiata Hubungkan Australia-Indonesia Telah Rampung

“Kami melihat NTT merupakan wilayah yang cukup potensial secara ekonomi, yang dengan dorongan layanan data digital akan bisa mengembangkan diri, terutama dari sektor pariwisata. Dari data jaringan kami, semakin banyak pula pelanggan XL Axiata yang melakukan perjalanan ke wilayah NTT, berpetualang, serta menyebarkan keindahan wilayahnya,” ujar Group Head XL Axiata East Region, Mochamad Imam Mualim dalam keterangan persnya.

Imam Mualim menambahkan, layanan 4G LTE XL Axiata mulai masuk NTT sejak Desember 2017 di Kabupaten Manggarai Barat sebagai area pertama. Lalu sepanjang 2018, XL Axiata memperluas layanan internet cepat ini, terutama di area-area tujuan wisata, antara lain Sumba dan Labuhan Bajo.

Baca Juga:
Pendapatan Naik, XL Axiata Terus Genjot Layanan Data

Kota/kabupaten yang sudah terlayani jaringan Data XL Axiata, Alor, Belu, Ende, Flores Timur, Kota Kupang, Kupang, Lembata, Manggarai, Manggarai Barat, Manggarai Timur, Ngada, Rote Ndao, Sikka, Sumba Barat, Sumba Timur, Timor Tengah Selatan, Timor Tengah Utara, Sabu Raijua, Sumba Barat Daya, Malaka, Sumba Tengah.

Saat ini jaringan data XL Axiata telah tersedia di 21 kota/kabupaten di Nusa Tenggara Timur, dengan dukungan total lebih dari 400 BTS. Khusus jaringan 4G, sudah masuk ke 15 kota/kabupaten, dengan lebih dari 90 BTS.

Hingga akhir Januari 2019, tercatat sekitar 30 ribu pelanggan di seluruh NTT, dengan sekitar 25 ribu pelanggan di antaranya merupakan pelanggan data aktif.