Technologue.id, Jakarta – Jelang pesta demokrasi Indonesia yang akan berlangsung pada 17 April 2019, XL Axiata telah menyiapkan jaringan yang memadai untuk mengantisipasi kenaikan trafik yang diperkirakan bakal terjadi.

Diprediksi trafik data akan meningkat, terutama dari layanan media sosial (seperti Facebook, Instagram, Twitter), pesan singkat instan (seperti Whatsapp, Telegram, LINE).

Baca Juga:
Janjikan Lebih Banyak Manfaat, XL Axiata Luncurkan Paket Xtra Combo VIP

Direktur Teknologi XL Axiata, Yessie D. Yosetya mengatakan, “Kami sudah melakukan langkah antisipatif dalam rangka Pilpres ini. Kebetulan, karena ini berdekatan dengan bulan Ramadan lalu Lebaran, maka kami antisipasi ini sudah sekalian masuk dengan persiapan untuk jaringan Lebaran.”

Kenaikan trafik data diperkirakan sekitar 5 – 10 persen. Sementara itu kenaikan trafik voice  dan SMS diprediksi sekitar 3 persen. Lokasi kenaikan trafik kemungkinan terjadi di kota-kota besar, terutama Ibu Kota Jakarta dan Kota Penyangga sekitarnya  seperti Bogor, depok, Tangerang,  Bekasi serta ibukota-ibukota provinsi.

Baca Juga:
WhatsApp Sediakan Saluran Telepon Khusus Pelaporan Misinformasi Pemilu 2019

Meski demikian, kenaikan trafik juga kemungkinan terjadi di kota-kota kecil di berbagai daerah seiring dengan tingginya antusiasme masyarakat Indonesia atas berlangsungnya pesta demokrasi tahun ini. Trafik normal untuk layanan data XL Axiata di hari kerja biasa rata-rata sekitar 9.300 TB. Untuk voice sekitar 4 juta menit dan 71 juta untuk SMS.

Menurut Yessie, pihak XL Axiata juga akan terus memantau kondisi jaringan di sejumlah titik penting di Jakarta, guna mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan.

“Kami juga akan monitor terus kondisi jaringan di sejumlah titik penting di Jakarta, seperti kantor KPU, Media Center, serta area Ring 1,” pungkas Yessie.