XL Axiata Sukses Hadapi Libur Akhir Tahun

- Advertisement -

Technologue.id, Jakarta – Salah satu penyedia layanan telekomunikasi di Indonesia, PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) mengklaim telah melewati fase libur Natal 2019 dan Tahun Baru 2020 dengan performa jaringan yang baik. XL Axiata menyebut telah memberikan layanan telekomunikasi yang mulus pada pelanggannya selama momen libur 20 Desember 2019 sampai 1 Januari 2020.

Plt Chief Technology Officer XL Axiata, I Gede Darmayusa dalam keterangan tertulisnya pada Jumat (3/1/2020), mengatakan prioritas XL Axiata pada momen libur akhir tahun adalah memberikan layanan terbaik.

“Bagi kami, yang paling utama adalah bagaimana bisa melalui masa liburan dengan lonjakan trafik ini dengan performa jaringan yang baik dan lancar. Tidak ada gangguan yang berarti.l,” ujarnya.

Baca Juga:
Bukan Hanya Jaringan, Ini Penyebab Lag Saat Gaming

Menurutnya dengan jaringan yang baik, dengan sendirinya trafik juga akan ikut naik. Darmayusa mengatakan, “Secara terus-menerus kami berupaya meningkatkan kualitas jaringan, baik dengan meningkatkan kapasitas, penerapan teknologi terbaru, hingga perluasan jaringan data 4G ke area-area baru di seluruh Indonesia.”

Hal ini terbukti dengan meningkatnya trafik data mencapai 14% dibanding trafik di hari-hari biasa. Darmayusa mengungkapkan, kenaikan trafik tahun ini lebih tinggi dibandingkan kenaikan trafik di periode yang sama tahun lalu (YoY) yang mencapai 38%.

Menurut data Customer Experience and Service Operation Center (CE&SOC) XL Axiata yang berada di kantor pusat XL Axiata menunjukkan, kenaikan rata-rata trafik data khusus saat Natal sebesar 9% dibandingkan hari biasa, dengan kenaikan trafik tertinggi sebesar 21%. Sedangkan saat malam Tahun Baru, kenaikan trafik rata-rata sebesar 14% dan dan tertinggi 77%.

Baca Juga:
Sambut Libur Akhir Tahun, XL Axiata Optimalkan Jaringan

Disebutkan juga beberapa lokasi wisata favorit yang mengalami lonjakan trafik antara lain Pantai Carita sebesar 200%, GWK Bali 150%, dan Gili Trawangan Lombok sebesar 80%. Sementara itu di Labuhan Bajo, trafik layanan data juga mengalami kenaikan sebesar 10%, Ciater Jawa Barat 235%, Pantai Indrayanti Yogyakarta 360 serta Jatim Park 2 Malang sebesar 115%.

Sementara itu, tercatat jenis layanan data yang paling banyak digunakan pengguna adalah Youtube yang mengalami lonjakan trafik hingga 80% dibandingkan hari biasa. Selanjutnya adalah Whatsapp sebesar 30%, Mobile Legend 26% dan Instagram 10%.

Darmayusa mengatakan pencapaian ini tidak lepas dari peningkatan kualitas jaringan data yang XL Axiata lakukan di seluruh Indonesia salah satunya melalui proyek fiberisasi.

Darmayusa juga mengungkapkan peningkatan kapasitas jaringan yang dilakukan pada sekitar 1.500 BTS yang meng-cover area atau wilayah-wilayah yang kemungkinan mengalami peningkatan trafik selama libur Natal dan tahun baru turut berpengaruh dalam pencapaian ini.

- Advertisement -

Latest News

Facebook Temukan Cara Identifikasi Konten Deepfake

Technologue.id, Jakarta - Facebook sukses menemukan cara untuk mengidentifikasi deepfake. Ini dilakukan dengan menggunkan software artificial intelligence (AI). Dilansir...

Peneliti Temukan Malware Baik Hati

Technologue.id, Jakarta - Laporan terbaru dari BleepingComputer dan SophosLab menyebut ada malware unik ditemukan. Berbeda dari malware kebanyakan, malware...

Vivo V21 Siap Rilis di Indonesia, Unggulkan Kamera Selfie 44MP

Technologue.id, Jakarta - Vivo V21 segera melantai di Indonesia. Peluncuran produk terbaru V-Series tersebut akan berlangsung pada tanggal 22 Juni 2021 mendatang.

Viral Gajah Dipaksa Kerja Tarik Kayu, Netizen: Dzalim!

Technologue.id, Jakarta - Video gajah yang bekerja keras menarik potongan kayu viral di media sosial. Video tersebut diunggah dibanyak akun, salah satunya...

Nokia Ramai Dibahas Netizen Twitter

Technologue.id, Jakarta - Nokia mendadak ramai dibicarakan oleh para netizen Twitter . Hal ini lantaran tersebarnya meme berbunyi "Apa merk hp lo...

Related Stories