XL Axiata Ungkap Pencapaian di Moment Kemerdekaan

- Advertisement -

Technologue.id, Jakarta – Dalam momen Kemerdekaan Republik Indonesia, PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) memaparkan sejumlah program yang telah dicapai perusahaan selama ini, salah satunya adalah pembangunan jaringan data.

Dikatakan bahwa saat ini jaringan XL telah mampu memberikan akses termasuk di daerah-daerah terpencil yang sebelumnya sama sekali belum memiliki akses ke jaringan internet.

Plt Chief Technology Officer XL Axiata, I Gede Darmayusa mengatakan bahwa saat ini jaringan data 4G XL Axiata telah menjangkau lebih dari 450 kota/kabupaten di hampir seluruh provinsi Indonesia. Total panjang jaringan backbone fiber optik juga telah mencapai lebih dari 45 ribu ribu kilometer.

“Setiap tahun, jangkauan jaringan data kami terus semakin luas dan akan semakin banyak menjangkau masyarakat hingga ke pelosok-pelosok daerah. Perluasan pembangunan jaringan akan terus kami laksanakan, termasuk menjangkau wilayah yang lebih sulit dan terpencil di Kawasan Timur Indonesia,” ujarnya.

Baca Juga:

XL Home Kini Hadir di Jawa Timur

Kapasitas jaringan data XL Axiata juga dikatakan terus ditingkatkan seiring dengan semakin meningkatnya trafik layanan data setiap tahun. Peningkatan ini 2x lipat dari biasanya guna melayani peningkatan trafik data sejak masyarakat menjalani aktivitas bekerja dan belajar dari rumah guna mengindari penyebaran Covid-19.

Selain itu, menurut Gede, saat ini XL juga telah mempersiapkan layanan 5G. Dengan 5G, maka akan semakin besar manfaat teknologi digital yang bisa ditawarkan kepada masyarat Indonesia, yang sekaligus juga akan bisa mendukung program-program pembangunan.

“Salah satu persiapan yang dilakukan XL Axiata menuju 5G adalah fiberisasi jaringan. Fiberisasi ini juga sekaligus mendukung peningkatan kualitas jaringan data di setiap area karena salah satu manfaat dari proses ini adalah kapasitas jaringan transport menjadi lebih besar,” jelas Gede.

Baca Juga:

XL Axiata Gelar Program Sispreneur, Dorong Perempuan Pelaku Usaha Mikro Go Digital


“Melalui beberapa kali event Digirace di beberapa kota, fiberisasi mampu meningkatkan kualitas jaringan untuk menopang sejumlah layanan data dengan kapasitas besar, seperti antara lain live video streaming,” pungkasnya.

XL sendiri saat ini memiliki total BTS yang menopang layanan kepada seluruh pelanggan mencapai lebih dari 133.000 BTS, dan lebih dari 43.000 di antaranya merupakan BTS 4G/LTE. Jumlah BTS ini juga terus meningkat setiap tahunnya seiring dengan pelaksanaan program peningkatan kualitas jaringan dan perluasan daerah layanan.

Sebagian dari BTS tersebut berada di lokasi yang terpencil dan bahkan sangat terpencil di area perbatasan dengan negara lain atau di pulau-pulau wilayah terluar Republik Indonesia. XL Axiata juga telah mempunyai universal service obligation (USO) sebanyak lebih dari 350 titik BTS USO tersebut.

- Advertisement -

Latest News

Stok Langka, Sony Bakal Hadirkan PlayStation 5 Modifikasi

Technologue.id, Jakarta - PlayStation 5 menjadi salah satu konsol yang paling diminati. Bahkan berhasil menjadi konsol dengan penjualan tercepat...

Twitter Jajal Tip Jar, Fitur Kirim-kirim Uang

Technologue.id, Jakarta - Twitter melakukan uji coba fitur Tip Jar pada aplikasinya yang ada di Android dan iOS. Fitur ini memungkinkan pengguna...

Clubhouse Versi Android Dirilis

Technologue.id, Jakarta - Clubhouse mulai ditinggalkan oleh pengguna iOS. Untuk menggaet pengguna dari platform lain, aplikasi media sosial berbasis video itu akhirnya...

Telkomsel Luncurkan Program UMKM Surakarta Go Digital

Technologue.id, Jakarta - Telkomsel melakukan kolaborasi dengan Dinas Koperasi dan UKM (Dinkop UKM) Kota Surakarta dalam menyukseskan program UMKM Surakarta Go Digital. Senior Vice...

Angkat Konten Edukasi, TikTok Luncurkan Buku Panduan “Sama-sama Belajar”

Technologue.id, Jakarta - TikTok menghadirkan Buku Panduan #SamaSamaBelajar untuk membantu para guru dan orangtua dalam membuat video edukasi di TikTok, yang bisa mendukung...

Related Stories