XL Jangkau 350 Kota/Kabupaten Layanan 3G di Indonesia

PT XL Axiata (Source:XL)

Technologue.id, Jakarta – Seiring teknologi yang semakin berkembang, PT XL Axiata tidak hanya memperluas jaringan internet 4G LTE, melainkan terus melakukan perluasan layanan 3G secara signifikan melalui frekuensi 900 MHz.

Layanan 3G XL yang sebelumnya hanya mencakup 40 kota saja, kini semenjak awal Oktober 2016 lalu XL memperluas jaringan 3G berkecepatan tinggi dan sudah menjangkau sekitar 350 kota dan kabupaten yang telah tersebar di Tanah Air.

“Perluasan jangkauan wilayah layanan 3G ini merupakan upaya XL yang terus meningkatkan layanan kepada pelanggan dan masyarakat. Kita sudah pahami bersama manfaat akses internet dan data untuk peningkatan kinerja dan produktivitas, yang pada akhirnya peningkatan kualitas hidup di masyarakat,” ujar Yessie D, Direktur/Chief Service Management Officer XL.

Lebih lanjut Yessie mengungkapkan, perluasan layanan 3G akan terus dilakukan. Akan menyusul selanjutnya sekitar 150 kota dan kabupaten lainnya hingga akhir tahun ini. Upaya perluasan layanan 3G ini juga seiring dengan implementasi layanan 4G yang turut di perluas.

Menurutnya, perluasan layanan 3G berkecepatan tinggi ini tidak hanya di Jawa, tetapi juga di luar Jawa. Seiring dengan arah pelaksanaan pembangunan ekonomi yang dijalankan pemerintah saat ini, termasuk diantaranya pembangunan infrastruktur yang akan memangkas kesenjangan kemajuan antar daerah.

Selain itu, banyak di antara kota-kota baru yang sudah terjangkau layanan 3G yang merupakan daerah pelosok. Namun, memiliki sumberdaya alam yang melimpah. Maka, dengan tersedianya layanan 3G XL mampu mendorong percepatan pertumbuhan perekonomian setempat.

XL telah menambahkan kapasitas transport dan backbone antarpulau untuk memastikan penambahan trafik di area 3G akan terhubung dengan area lainnya. Hingga saat ini layanan 3G dibangun lebih dari 11.000 BTS 3G yang akan terus bertambah ke depannya.

Khusus perluasan di luar Jawa, sudah mencakup pelosok-pelosok daerah seperti pulau Sumatera, pulau Jawa dan Madura, pulau Kalimantan, pulau Sulawesi, pulau Bali, dan pulau Lombok, lebih lengkapnya bisa cek disini.

XL telah melakukan serangkaian ujicoba layanan 3G sejak jauh hari untuk memastikan layanan ini dapat digunakan dengan baik. Rata-rata ponsel yang kini dijual pasaran memiliki koneksi 3G, sudah bisa mengakses layanan data ke frekuensi 900 MHz. Sedangkan dari sisi kualitas, kini XL memiliki kemampuan menangkap sinyal 2 kali lipat lebih kuat contohnya ketika berada dalam ruangan.

Baca Juga:
Begini Cara XL Bangun Desa Digital di Indonesia

Luncurkan Paket SUKSES, XL Mau UKM Indonesia Berjaya

XL dan Wujudkan.com, Gelar Crowdfunding School