Technologue.id, Jakarta – Sejalan dengan perkembangan zaman yang makin kreatif, metode rekrutmen pekerja lewat online terus bertambah. Bersamaan dengan kian banyak lapangan kerja di Indonesia, kini YesJob resmi diluncurkan sebagai digital recruiter yang dibuat dan didesain di Indonesia. YesJob diklaim jadikan proses rekrutmen kerjaan jadi lebih mudah dan efisien.

Menurut James Umpleby, Founder YesJob berpengalaman menjadi seorang Head Hunter selama ini ada banyak sekali lamaran yang masuk lewat jalur pencari pekerjaan online di Indonesia. Namun, pada jalur tersebut mereka harus selalu aktif mencari pekerjaan dan ini dinilai kurang efektif.

Belum lagi, para perusahaan si pemberi kerja (employer) harus menghadapi pemilihan calon pekerja melalui proses rekrutmen hingga berbulan-bulan lamanya dalam mencari kandidat yang cocok serta diinginkan.

Nah, melihat jumlah angkatan kerja produktif di Indonesia sebanyak lebih dari 100 juta, diakui James kalau kehadiran YesJob menawarkan metode rekrutmen pekerja online berbasis teknologi algoritma yang nantinya bisa langsung mencocokan kebutuhan baik antara si job seeker maupun employer.

“Selama ini juga kami melihat bahwa Ada 85 Persen job seeker itu pasif atau tidak aktif mencari pekerjaan,” ujar James saat acara peluncuran YesJob, Selasa (26/7/2017) kemarin, di XXI Lounge Plaza Senayan, Jakarta.

Adapun basis teknologi proses rekrutmen yang dipakai oleh YesJob adalah DRive (Digital Recruitment Disruptive Technology) yang kinerjanya menperhitungkan berbagai variabel kompleks dengan mencocokan kebutuhan kedua belah pihak. Dimana pencocokan sebuah lowongan pekerjaan dengan pelamar lebih cepat, tepat, dan otomatis bisa langsung berjalan ke tahap interview.

“Kalau yang biasa cari jodoh lewat aplikasi Tinder. Cara penggunaannya YesJob dalam memilih pekerjaan pun benar-benar mirip Tinder, yakni tinggal swipe ke kiri jika tidak berminat dengan pekerjaan yang ditampilkan di halaman utama, atau swipe ke kanan jika berminat,” jelas Rama Notowidigdo, Senior Technology Advisor Yesjob di acara yang sama.

Lewat lanjut, pada aplikasi ini, Rama menjelaskan jika para pencari kerja tak perlu lagi terlalu aktif mencari-cari pekerjaan. Mereka hanya harus mendaftarkan diri dengan menyertakan informasi yang benar seperti pendidikan, jurusan, minat, dan informasi penting lainnya yang disebut dengan Digital Curriculum Vitae (CV). Kemudian secara otomatis, aplikasi akan memberikan berbagai informasi lowongan pekerjaan sesuai klasifikasi Anda sendiri.

“Aplikasi YesJob dapat digunakan secara gratis 100% bagi pelamar kerja. Sedangkan pemberi kerja hanya akan membayar biaya sebesar Rp 20 Ribu untuk mendapatkan kontak dari setiap pelamar kerja yang dianggap ‘Cocok dan tertarik’. Dengan DRive sendiri sebelumnya telah lebih dulu mem filter dan mencocokan kebutuhan keduanya,” tambah Rama.

Terakhir, aplikasi ini sendiri sudah bisa diunduh melalui platform Android maupun iOS.