Copyright 2022 Technologue ID. All rights reserved.

News Latest News Headline Social

Youtap Dorong Tumbuhnya UMKM Kekinian

byZulfi Apriani - editorDenny Mahardy Jun 22, 2022

Technologue.id - Jakarta, Berkembangnya UMKM Kekinian dinilai mampu memberikan dampak yang signifikan bagi pertumbuhan ekonomi digital di masa transisi endemi seperti sekarang ini.  Untuk mendukung pertumbuhan UMKM Kekinian, Youtap Indonesia, menghadirkan Youtap POS. Youtap POS ialah fitur lengkap yang ditujukan untuk memudahkan pelaku usaha dalam menjalankan usahanya.

Asisten Deputi Pengembangan Teknologi Informasi dan Inkubasi Usaha Kementerian Koperasi dan UKM RI, Christina Agustin mengatakan:

“Berdasarkan data internal yang kami miliki, 80% UMKM yang terhubung ke dalam ekosistem digital memiliki daya tahan yg lebih baik selama masa pandemi. Bahkan, 59% yang tinggal di wilayah suburban sudah masuk ekosistem digital.”

Baca Juga:
Jakarta Hajatan ke-495, Dekranasda DKI dan Tokopedia Ajak Masyarakat Dukung UMKM Lokal

Perkembangan UMKM Kekinian ditentukan oleh pertumbuhan fleksibilitas jenis usaha UMKM yang beragam dan kemampuan mereka dalam beradaptasi dengan cepat mengikuti perkembangan digitalisasi yang ada.

CEO Youtap, Herman Suharto mengatakan, bahwa kunci utama perwujudan transformasi UMKM menuju UMKM Kekinian membutuhkan pendekatan berbasis ekosistem lewat sinergi dan kolaborasi dari seluruh stakeholder baik sektor pemerintah, pemegang kebijakan, hingga sektor private.

Selanjutnya, sinergi dan kolaborasi yang dimaksud oleh Herman ditunjukkan oleh Youtap dan Sari Roti.

“Teknologi Youtap tidak hanya memberikan kemudahan dari sisi pelanggan tetapi juga membantu para hawker (sebutan bagi pedagang gerobak keliling Sari Roti) serta proses bisnis dalam ekosistem Sari Roti menjadi lebih efektif, aman, dan efisien,“ tutup Arief Alfanto selaku Chief Operating Officer PT Nippon Indosari Corpindo produsen Sari Roti dan Sari Kue.

Lebih lanjut, Youtap POS yang sekarang hadir semakin lengkap dan bisa digunakan oleh semua tipe device.

Penggunaan Youtap POS melaui smartphone cukup diminati oleh pelaku usaha dengan skala bisnis mikro-kecil. Adapun persentase penggunaannya mencapai 45%.

Baca Juga:
Pelanggan AT&T Tidak Akan Bisa Lagi Bayar Play Store Melalui Tagihan Bulanan

Sementara itu, merchant skala menengah seperti kafe dan restoran lebih menyukai POS dalam bentuk tablet. Persentase penggunaannya ialah sebesar 55%.

Menariknya, semua fitur-fitur Youtap sudah terintegrasi dengan baik. Fitur tersebut tentunya sangat membantu pelaku usaha untuk mengatur pengiriman dari segi jangkauan area pengantaran, harga, dan jam operasionalnya.

#TransformasiDigital #EkonomiDigital #Youtap #YoutapPOS #UMKMKekinian

Baca Juga