Technologue.id, Jakarta – YouTube resmi merilis sebuah aplikasi streaming musik baru di Indonesia yang diberi nama YouTube Music. Youtube Music milik platform Google ini akan bersaing dengan aplikasi streaming musik lainnya, yaitu JOOX dan Spotify.

Sebelum tiba di tanah air, YouTube sudah lebih dulu menggulirkan Music di 71 negara di seluruh dunia termasuk Amerika Serikat, Jepang, Korea Selatan, Australia, Selandia Baru, dan India.

Seperti layanan serupa, aplikasi ini pun berfokus terhadap ekosistem musik sehingga terpisah dari YouTube video yang selama ini dikenal. Mulai hari ini, YouTube Music bisa diunduh dari Google Play untuk pengguna Android, serta App Store khusus perangkat iOS. Selain itu, pengguna juga dapat menyetel aplikasi via Web di komputer.

YouTube Music menyediakan lagu-lagu dan official album, ribuan playlist, dan stasiun radio artis, dipadukan dengan deretan remix video dari YouTube seperti video pentas live, lagu cover, dan video musik.

Selain itu, YouTube Music juga menonjolkan fitur pencarian musik, dan home screen dari layanan ini akan terus menampilkan rekomendasi baru berdasarkan riwayat mendengarkan, lokasi, dan aktivitas.

“YouTube Music tahu bagaimana cara Anda mencari konten dan bisa personalisasi dengan sangat baik dari sisi Google. Kami dapat membuat rekomendasi yang dipersonalisasi dari YouTube Music dan kami juga tahu kapan Anda mendengarkan berbagai jenis musik. Misalkan di pagi hari Anda membutuhkan musik untuk menemani perjalanan panjang, sementara di malam hari, Anda membutuhkan musik untuk pergi tidur. Kami tahu jenis musik yang Anda dengarkan di waktu yang berbeda dan di lokasi berbeda,” ungkap Brandon Bilinski, Product Manager YouTube, saat konferensi video dengan awak media, di kantor pusat Google di Jakarta, Selasa (5/11/2019).

Fasilitas yang turut dibenamkan dalam aplikasi buat pecinta musik ini adalah mode beralih audio/video. Untuk beralih antara audio/video cukup dengan sekali tekan tombol. Fitur unik ini memudahkan pelanggan YouTube Premium dan YouTube Music Premium untuk berpindah ke lagu atau video musik, sehingga pengalaman mendengarkan dan menonton musik dapat berjalan mulus.

Adapun cara untuk menikmati layanan streaming musik ini, YouTube menerapkan skema paid subscription atau berlangganan setiap bulan. Harganya mulai dari Rp 49,000. Dengan biaya ini, pengguna bakal mendapat sejumlah benefit diantaranya memutar musik tanpa gangguan iklan, mendengarkan lagu favorit di latar belakang, serta bisa mengunduh lagu untuk didengarkan secara offline.

Untuk versi gratisnya, pengguna akan menjumpai berbagai iklan saat memutar musik.

Selain layanan streaming musik, YouTube juga resmi meluncurkan YouTube Premium. Pelanggan dapat menikmati seluruh layanan YouTube Music untuk level premium serta layanan tambahannya, juga bebas download di platform streaming video YouTube itu sendiri. Pengguna bisa memutar video pada latar belakang dan bebas dari iklan pada aplikasi YouTube untuk semua konten.

Biaya berlangganan YouTube Premium sedikit lebih mahal dari YouTube Music yaitu Rp 59,000.