YouTube Siapkan Fitur Collapsed Video Playback, Apa Itu?

Ilustrasi YouTube (source: Pixabay)

Technologue.id, Jakarta – Walaupun tengah diisu kabar turunnya pendapatan yang diraih oleh YouTube, rupanya tak membuat layanan streaming video kepunyaan Google tersebut berhenti berinovasi. Pasalnya, website sekaligus aplikasi yang telah menjadi lahan pencaharian bagi beberapa orang ini tengah mencoba fitur baru yang akan tersemat di UI mereka.

Dikutip dari Android Police (16/4/2017), YouTube diketahui tengah melakukan percobaan fitur collapsed video playback atau pemutar ulang video yang telah ditonton. Jika sebelumnya pengguna harus membuka tab history untuk melihat video yang telah ditonton, maka dengan adanya fitur tersebut setiap video yang telah di tonton dapat dibuka lagi secara langsung di UI (user interface) utama atau halaman utama.

Nantinya, video yang telah di tonton akan muncul pada bar bawah layar pernagkat pengguna. Tidak hanya itu, video tersebut juga akan dilengkapi dengan tombol play dan juga X sebagai penutupnya. Saat tombol play ditekan, maka video akan bergerak membesar dari arah pojok kiri bawah menuju bagian atas layar.

Perubahan ini dapat dilihat pada aplikasi YouTube versi 12.13.53. Dengan adanya pembaharuan tersebut, maka Anda bisa menyaksikan kembali video yang telah ditonton sembari mencari video yang baru.

Pada versi YouTube yang saat ini juga telah menampilkan picture-in-picture video dengan menariknya ke bawah, namun bukanlah video yang sebelumnya telah ditonton, melainkan yang masih ditonton.

Sayangnya, belum ada informasi mengenai tanggal rilis pembaharuan tersebut dari pihak YouTube. Pihaknya masih melakukan uji coba, untuk mengetahui manfaat secara mendalam dari fitur yang akan mereka luncurkan tersebut.

 

Baca juga:

Waduh, Dapat Duit dari YouTube Makin Sulit!

Google Segera Babat Habis Konten Radikal di YouTube

Mulai 2018, Google Bakal Hapus Iklan 30 Detik di YouTube