Technologue.id, Jakarta – Valentine’s Day atau yang juga sering disebut Hari Kasih Sayang sebentar lagi tiba. Perayaan tahunan di tanggal 14 Februari itu acap diisi pasangan yang sedang dimabuk asmara untuk mengungkapkan rasa cinta. Biasanya di momen ini, para pria memberikan hadiah simbolis pada pasangannya semacam bunga.

Namun faktanya, sebagian wanita kini tak lagi mendambakan dikado sekuntum bunga saat Valentine tiba. ShopBack yang telah menyurvei 1.100 responden dengan rentang usia 18 sampai 38 tahun di Jabodetabek, Bandung, Surabaya, Medan, dan Makassar, punya buktinya.

Baca juga: 

Awas Kasus OnePlus Terulang! Ini Tips Aman Belanja Online Via Credit Card

Ternyata, responden wanita mereka yang menginginkan dihadiahi bunga dengan surat cinta pada 14 Februari hanya 5,1 persen. Dari penjabaran ShopBack (12/02/2018), kado Valentine yang paling diidamkan perempuan era kini antara lain: cokelat, boneka, cincin berlian, dan makan di restoran mewah.

Survei perilaku masyarakat di Hari Valentine ini juga menemukan kalau netizen cenderung membeli kado dari empat sampai tujuh hari sebelum hari-H via online. Hal ini dibuktikan dari data yang dihimpun ShopBack melalui Google Trends, kalau pencarian kata “Kado” dan “Hadiah Valentine” mulai menanjak naik pada akhir bulan Januari lalu.

Baca juga: 

Fitur Baru Lazada: Ganti Pelumas Kendaraan Online

Indra Yonathan, Co-Founder dan Country Head of ShopBack Indonesia, menambahkan, “Dengan maraknya e-commerce serta didukung dengan infrastruktur yang memadai, masyarakat sudah mulai beralih membeli hadiah untuk Valentine secara online. Bahkan, sebanyak 47,7 persen responden mengaku dengan adanya toko online (e-commerce) mereka semakin sering membeli barang untuk hadiah Valentine. Angka ini naik hampir dua kali lipat dari sebelumnya.”

Mengapa netizen Tanah Air suka berbelanja daring seperti saat Valentine ini? Menurut ShopBack, hal ini dikarenakan banyaknya promo dan diskon yang diberikan platform e-commerce, di samping kemudahan bertransaksi serta harga yang ditawarkan. Terbukti setengah dari responden (50,1 persen) mengaku promo dan diskon menjadi pertimbangan utama mereka dalam membeli hadiah valentine di platform e-commerce.

Baca juga: 

Tokopedia Janjikan Pengalaman Belanja yang Lebih Fun Lewat TokoPoints

Apakah Anda termasuk netizen yang tahun ini sudah mendapatkan kado Valentine via mall online?

Share this