Technologue.id, Jakarta – Zenius Education mengumumkan kerja sama strategis dengan organisasi pemberdayaan guru We The Teachers (WTT) untuk melaksanakan program pemberdayaan guru lewat teknologi. Jalinan kolaborasi ini sebagai bentuk kontribusi meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia, terutama tenaga pendidik, di Indonesia.

Zenius menyadari bahwa peran guru masih sangat penting dalam menunjang keberhasilan kegiatan belajar mengajar. Teknologi tidak serta menggantikan perannya guru dalam memberikan pembelajaran, namun justru dapat digunakan sebagai kanal untuk memberdayakan (empoworing) para guru sehingga dapat menjawab tantangan pendidikan di era digital.

“Namanya education itu ada beberapa aspek yaitu dari sisi kognitif (kegiatan otak), afektif (rasa, empati), dan psikomotorik. Tentu saja, ada bagian pekerjaan yang bisa dibantu dengan teknologi. Dengan dibantu teknologi, justru guru jadi punya waktu lebih banyak untuk (fokus) sisi afektifnya. Guru sebagai pemimpin di garda depan tidak akan hilang dengan robot,” kata Sabda PS, Chief Education Officer, saat temu media, di Jakarta, Selasa (19/11/2019).

Sabda menjelaskan, dengan bantuan teknologi, peningkatan kualitas manusia dapat dipercepat sepuluh hingga dua puluh kali lipat dengan cara yang efisien.

Sementara itu, pendiri We The Teachers Amanda Witdarmono, berpandangan untuk memaksimalkan pembelajaran di era digital, guru harus dapat memanfaatkan teknologi untuk mengefisienkan tugas-tugas administratif mereka di samping juga untuk mendapatkan akses terhadap materi pembelajaran.

“Ada dua tantangan yang dihadapi guru yaitu masalah administratif dalam mengurus segala prosedur Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dan akses terhadap materi pembelajaran baik untuk siswa maupun pengembangan guru yang sangat terbatas. Teknologi akan berperan besar terhadap dampak dan tantangan tersebut. Akses pendidikan juga akan terbantu dengan teknologi,” tutur Amanda, di kesempatan acara yang sama.

WTT merupakan lembaga nonprofit untuk mendorong pengembangan guru-guru Indonesia. Saat ini WTT telah mengayomi lebih dari 7000 guru yang tersebar di seluruh Indonesia. Kegiatan yang diberikan WTT cukup beragam. Selain pelatihan bagi guru, WTT memberikan pengembangan kurikulum untuk mulok (muatan lokal).

Adapun tahap awal kerja sama antara Zenius Education dan We The Teachers ini akan difokuskan pada dua program utama.

Pertama, pemberdayaan guru di wilayah-wilayah tertinggal di Indonesia. Pemberdayaan yang dilakukan adalah melakukan digitalisasi dalam proses belajar mengajar, bukan hanya dalam menggunakan teknologi sebagai media pembelajaran, tetapi juga sebagai bantuan untuk tugas-tugas administratif yang menyita waktu.

Kedua, distribusi infrastruktur belajar mengajar yang lebih baik. Zenius dan We The Teachers berupaya untuk dapat membantu sekolah dan anak didik di berbagai wilayah tertinggal di Indonesia agar mendapatkan fasilitas penunjang pendidikan yang layak, seperti teknologi digitalisasi sekolah Zenius Prestasi.

Dari 3 juta pengajar di Indonesia, Zenius berharap bisa memberikan banyak kontribusi dalam pemberdayaan guru melalui teknologi.