Contact Information

Alamat: Komplek Rumah Susun Petamburan Blok 1 Lantai Dasar, Tanah Abang - Jakpus 10260

We're Available 24/ 7. Call Now.
Zoom Tidak Aman Digunakan untuk Work From Home?
SHARE:

Technologue.id, Jakarta - Sejak wabah virus Corona merebak, aplikasi Zoom belakangan marak digunakan oleh banyak pekerja yang harus terus berada di rumah namun tetap produktif untuk mengurusi pekerjaan kantor atau yang lebih dikenal dengan istilah Work From Home (WFH). Lalu bagaimana soal keamanannya? Mengutip dari TheVerge (31/03/20), baru-baru ini ada sebuah laporan yang mengatakan bahwa aplikasi live streaming video yang kerap digunakan untuk meeting tersebut ternyata memiliki celah keamanan yang cukup berbahaya.

Baca Juga: Tidak Terapkan Enkripsi End-to-End, Keamanan Zoom Dipertanyakan

Laporan tersebut mengatakan bahwa ketika digunakan, Zoom bisa saja membocorkan alamat email, foto pengguna, dan memungkinkan beberapa pengguna untuk melakukan video call dengan orang yang tak dikenal. Hal ini terjadi lantaran ada masalah keamanan yang membuat kontak dari pengguna bisa bocor. Aplikasi Zoom sendiri melakukan penggolongan terhadap kontak yang tersimpan sesuai dengan alamat email yang memiliki domain yang sama. Dengan begitu, ketika pengguna bekerja di suatu instansi, domain email yang sama bisa dengan mudah dicari oleh karyawan lainnya yang masih bekerja di satu perusaaan yang sama.

Baca Juga: Mengadu Irit Bandwidth Aplikasi Telekonferensi

Meski begitu, pihak Zoom sendiri tak tinggal diam dengan kondisi tersebut. Mereka mengakui bahwa Zoom hingga saat ini masih rajin mendaftarkan domain yang tak dikenal agar tidak diizinkan masuk ke sistem mereka. "Zoom masih menjaga daftar hitam dari domain yang terdaftar dan proaktif mengidentifikasi domain untuk diberikan 'pintu masuk' secara periodik", kata juru bicara Zoom.

SHARE:

Boston Dynamics Pamer Robot Humanoid Atlas Baru Bertenaga Listrik

Google Maps Dapat Peningkatan, Bisa Cari Lokasi SPKLU