HomeAppsZoom Vs Hangouts, Siapa Juaranya?

Zoom Vs Hangouts, Siapa Juaranya?

Technologue.id, Jakarta – Antara Zoom vs Google Hangouts sebagai aplikasi meeting online, kira-kira mana yang terbaik?. Keduanya adalah penyedia layanan video call yang populer, dan dapat dengan mudah ditemukan di berbagai perangkat, meskipun Zoom dikecam karena keamanannya, di sisi lain Google Hangouts memiliki beberapa fitur premium yang jauh lebih unggul.

Aplikasi ini cukup penting saat ini, terutama karena social distancing dan lockdown yang telah diberlakukan di mana-mana. Jadi, kita akan mengupas kelebihan dan kekurangan antara Zoom dan Hangouts. Beberapa fakta yang akan membuat kita terkejut, ternyata mereka berbeda jauh pada beberapa fitur utamanya. 

Meskipun keduanya sangat mudah digunakan, tapi pasti hanya satu yang terbaik, terutama dari kapasitas penyimpanan, kontak yang dapat diundang, atau waktu yang digunakan untuk pertemuan.

Berikut ini beberapa hal yang perlu diketahui siapa yang unggul antara Zoom vs Hangouts.

Baca Juga:
Lagi, Ratusan Ribu Akun Zoom Dijual di Pasar Gelap

Spesifikasi Zoom dan Hangouts Meet

Kenapa Harus Pakai Zoom?

Sebetulnya Zoom memiliki fitur yang yang lebih mengesankan. Terutama ketika melihat pantulan diri sendiri dengan ukuran 5×5 yang besar membuatnya terlihat lebih fokus dibanding Hangouts.

Zoom pun dapat mengundang 100 penelepon sekaligus, dan melihat sebanyak 49 penelepon secara bersamaan. Lebih banyak dari batas maksimal pengguna video call Google Hangouts yang hanya dapat digunakan oleh 25 orang, meskipun pengguna dapat memilih Google Hangouts premium, di mana pengguna bisa meningkatkan hingga 100 penelepon dengan biaya sebesar $6 (Rp93 ribu) per bulan (jumlah peserta dapat lebih banyak dengan harga yang lebih tinggi).

Hal menyenangkan lainnya dari Zoom adalah pengguna dapat mengubah latar belakangnya, pengguna dapat mengatur berbagai latar belakang warna-warni yang membuatnya tampak seperti sedang di tempat lain selain di sofa atau di rumah.

Ada juga aplikasi web Zoom, jadi pengguna tidak perlu mengunduh Zoom untuk memakainya. Tetapi versi ini sangat terbatas.

Baca Juga:
Google Tak Perbolehkan Karyawannya Pakai Zoom, Kenapa?

Kenapa Harus Pakai Hangouts?

Hangouts menang dari sisi kemudahan pengunaannya. Meskipun aplikasi ini tersedia di iOS dan Android, Hangouts juga dapat berfungsi di situs web. Zoom membuat pengguna harus mengunduh aplikasi, karena fitur web Zoom yang lebih terbatas dibandingkan dengan Hangouts.

Hangouts dapat digunakan tidak lebih dari 25 orang. Dalam masalah durasi penggunaan, Zoom dengan panggilan 3 orang atau lebih memiliki batas waktu hingga 40 menit, lebih dari itu maka harus membuat room lagi. Namun, Google Hangouts memungkinkan penggunanya dapat menelepon tanpa batasan waktu.

Bagi mereka yang tidak menggunakan Android, dapat dipahami bahwa menjengkelkan ketika harus membuat akun Gmail untuk bisa menggunakan Hangouts. Tetapi aplikasi obrolan video Google masuk akal bagi mereka yang mengandalkan Gmail dan Google Kalender, yang dapat disambungkan ke Hangouts dengan mulus.

Jadi, Siapa Juaranya?

Pertimbangannya, jika ingin mengundang banyak teman di video call pengguna bisa menggunakan Zoom, namun waktunya dibatasi selama 40 menit. Hangouts, mungkin tidak dapat mengundang pengguna sebanyak Zoom, tetapi paling cocok untuk grup kecil yang ingin berbincang tanpa batasan waktu. Tidak ada yang buruk, keduanya sangat mudah digunakan, dan memiliki keunggulan masing-masing, tapi semuanya tergantung penggunaannya.

- Advertisement -

Berita Lainnya

See More