ZTE Siapkan Smartwatch, Apa Keunggulannya?

Ilustrasi smartwatch (source: Samsung)

Technologue.id, Jakarta – Smartwatch sudah bukan barang baru, hampir semua vendor smartphone telah meluncurkan perangkat jam tangan pintar besutannya. Sebut saja Apple, Samsung, LG, Motorola, Huawei dan Xiaomi merupakan sebagian nama perusahaan yang hadir di pasar smartwatch dunia.

Model gadget yang digadang-gadang bakalan menguasai tren gadget tahun 2016 tersebut ternyata masih terus menggoda banyak pihak untuk ikut ambil bagian. Wajar saja rasanya kalau beberapa perusahaan OEM turut duduk dalam kegilaan industri smartwatch.

Perusahaan pembuat smartphone asal Tiongkok, ZTE hanya diam dan menonton geliat di industri smartphone selama ini. Akan tetapi, godaan industri smartwatch sepertinya mulai mempengaruhi perusahaan yang lebih dulu dikenal sebagai pembuat solusi jaringan telekomunikasi.

ZTE tak mau lagi sekedar jadi penonton. Di ajang tahunan Consumer Electronics Show (CES) 2017, pihak perusahaan itu mengkonfirmasi bahwa mereka tengah bekerja mempersiapkan perangkat yang akan berjalan di atas sistem operaso Android Wear besutan Google.

Dilansir Ubergizmo, perangkat itu diklaim bakalan segera meluncur tahun ini. Bahkan mereka mengaku telah bekerjasama dengan salah satu operator Amerika Serikat untuk membantu produk tersebut supaya bisa dijual dengan dukungan jaringan 4G LTE.

Pernyataan itu dikonfirmasi langsung CEO ZTE Lixin Cheng. Sayangnya, ia tidak mau mengungkapkan informasi lebih detil soal jam tangan pintar yang sedang digarap tim pengembang dalam perusahaannya, mungkin ia ingin produknya tetap bisa mengejutkan pasar ketika diluncurkan secara resmi.

Cheng menyebutkan alasan perusahaannya baru masuk pasar smartwatch sekarang ini dikarenakan tidak mau masuki pasar hanya sebagai pengikut. Dia pun mengungkapkan masalah yang ada di smartwatch saat ini berupa daya tahan baterai dan ZTE memiliki solusinya.

Kemungkinan ZTE bakalan melahirkan produk smartwatch dengan daya tahan baterai tinggi. Tapi fitur lain apa yang bakalan disajikan perusahaan itu dalam produk smartwatch perdananya kelak? Sebaiknya kita tunggu saja perkembangan dari ZTE menjelang peluncuran resmi produknya itu.

Baca juga :
Smartwatch Samsung Gear Sudah Bisa Digunakan di iPhone
Google Pastikan Smartwatch Mewah Akan Tiba Awal 2017
Huawei Siapkan Smartwatch, Sekeren Apa Ya?