Technologue.id, Jakarta – Kalau sempat terbesit di pikiran Anda smartwatch apa yang saat ini paling diminati masyarakat sedunia, jawabannya adalah Apple Watch. Ditinjau dari analisis Canalys, wearable bikinan perusahaan apel tergigit itu telah terjual sebanyak 2,8 juta unit di kuartal ketiga 2016 saja. Dalam rilis persnya (03/11/16), Canalys memaparkan kalau smartwatch Apple kini memegang pangsa pasar 45,6 persen sedunia. Hanya Samsung dan Fitbit yang mengejar dengan market share belasan persen, yakni 18,3 dan 17,2 persen. Sementara kalau dilihat secara keseluruhan, total smartwatch yang terjual selama Juli sampai September 2016 ada sebanyak 6,1 juta unit. Jumlah ini naik 60 persen dari tahun lalu, yang berdekatan dengan meluncurnya Apple Watch seri pertama pada April 2015. Lalu, bagaimana dengan vendor lain? Tampaknya, kans mereka untuk menang di sektor ini begitu sulit. Market share Garmin dan Pebble, misalnya, kalau dijumlahkan pun cuma 5,5 persen. [caption id="attachment_9106" align="alignnone" width="670"] Market share smartwatch global (source: Canalys)[/caption] Namun, Canalys turut memperingatkan agar Tim Cook cs tidak lengah. Satu hal yang perlu mereka tingkatkan adalah kampanye marketing. "Apple perlu mendorong pemasarannya selama musim belanja liburan ini [akhir tahun atau Q4 2016], terutama dengan menonjolkan fitur terbaru dan menarik di platformnya," begitu pesan analis Canalys, Daniel Matte. Tak cuma itu, sedang kurang bergairahnya penjualan iPhone juga dirasa berpengaruh terhadap daya tarik wearable Apple di mata konsumen. Jason Low, analis Canalys lain, menyarankan agar Apple lebih getol memasarkan Apple Watch di luar Amerika Serikat, terutama di Tiongkok. Baca juga: APPLE PEDE APPLE WATCH SERI 2 LAKU KERAS APPLE WATCH S2 BISA DIAJAK MENYELAM 50 METER POKEMON GO PERKENALKAN GENERASI BARU APPLE WATCH
Contact Information
Alamat: Komplek Rumah Susun Petamburan Blok 1 Lantai Dasar, Tanah Abang - Jakpus 10260
We're Available 24/ 7. Call Now.
SHARE:
SHARE: