Dell Indonesia: Orang masih butuh laptop, market Jabodetabek tertinggi

- Advertisement -

Technologue.id, Jakarta – Ditengah pasar perangkat komputer PC yang kian menurun Dell Indonesia tetap melancarkan aksinya untuk meluncurkan dua seri perangkat laptop 2-in-1 terbaru.

“Sebenarnya produk teknologi di sektor notebook itu sudah lama, setelah laptop konvensional. Dua atau tiga tahun lalu lantas muncul perangkat tablet. Barulah lantas keluar teknologi 2-in-1 yang menggabungkan fungsi laptop dengan tablet. Kalau tablet biasanya untuk penggunaan ringan macam buka web tetapi kini adanya gabungan desain 2-in-1, fungsi notebook untuk bekerja seperti presentasi pun bisa direalisasikan,” ujar William Hartoyo, Brand Manager Consumer Dell Indonesia hari Kamis kemarin (21/6) saat acara peluncuran Dell Inspiron 2-in-1 series di Jakarta.

Sekarang ini pasar PC memang terasa kian menurun. Meski begitu, pihak Dell mengaku kalau di Indonesia masih memiliki gairah pasar terhadap produk laptop 2-in-1.

“Sejak awal tahun memang kami sudah melihat penurunan pasar PC. Walau bisnis tengah slowing down, namun untuk jenis laptop 2-in-1 masih ada kebutuhan disana. Salah satunya ya bagi generasi pelajar atau mahasiswa,” ujar Consumer Country Director Dell Indonesia, Martin Wibisono, dalam peluncuran lini Inspiron 2-in-1, kemarin (21/7).

Disegmen laptop 2-in-1 yang awalnya kecil justeru tak disangka pertumbuhannya terbilang meningkat mencapai angka yang signifikan.

“Pasar perangkat di segmen 2-in-1 telah tumbuh hingga 40 persen di Asia Pasifik,” kata MNC Sales Director Intel Indonesia, Yohan Wijaya.

Menurutnya, banyak sekali pilihan desain 2-in-1 yang ditawarkan kepada konsumen. Jika di tahun 2015 hanya ada sekitar puluhan desain, sekarang sudah lebih dari 100 desain untuk pilihan laptop 2-in-1.

Disamping sisi desain, fungsi dan spesifikasi juga semakin ditingkatkan. Dari sisi layar ada yang punya ukuran kecil, sampai dengan 16 inci. Dell Inspiron 2-in-1 sendiri meluncurkan seri 11 3000 dengan ukuran layar 11,6 inci akan lebih mudah dibawa kemana-mana oleh penggunannya yang ditargetkan para pelajar serta mahasiswa.

Sementara itu, seri 13 5000 atau disebut dengan model 5368 yang menyasar kalangan premium menampilkan desain baru. Bodinya ramping dan resolusi layar lebar berukuran mulai 13 inci juga tepat bagi para pekerja yang kerap membuka beberapa aplikasi sekaligus.

Market 2-in-1 juga tengah mengalami tren karena cara atau model penggunaanya sangat beragam. Misal dalam tablet mode, penggunaan dalam mode layar diputar hingga 360 derajat, dan sebagainya,” ujar William saat menjabarkan materi presentasinya.

Sementara itu, menurut William, pasar laptop Dell Indonesia paling dominan masih ada di area Jabodetabek. “Untuk pasar nasional pasar disini mencapai antara 40 sampai 45 persen, sedangkan di wilayah Sumatera dan Kalimantan pengguna kami berada di 10 hingga 15 persen,” jelasnya.

BACA JUGA:

DELL LUNCURKAN LINI INSPIRON 2-IN-1, TAWARKAN KOMPUTASI DENGAN FLEKSIBILITAS

DELL INDONESIA RAYAKAN ULTAH PERTAMA

BERSIH-BERSIH HARD DISK MACBOOK DENGAN MUDAH? INI CARANYA!

 

 

- Advertisement -

Latest News

Related Stories