Kondisi layanan telekomunikasi Indonesia di masa lebaran

Technologue.id, Jakarta – Layanan telekomunikasi mengalami lonjakan di masa perayaan Idul Fitri. Operator besar seperti Telkomsel dan Indosat Ooredoo melaporkan peningkatan terbesar terjadi di kategori layanan data yang disediakannya.

Telkomsel mencatat trafik layanan data mencatat kenaikan paling tinggi, sebesar 78 persen menjadi sekitar 2.700 terabit, angka ini meningkat dibanding trafik data di periode yang sama di tahun 2015. Namun, dibanding trafik hari normal 2016, layanan ini mengalami kenaikan sekitar 17 persen.

Kenaikan juga masih tercatat tinggi di hari Lebaran, yaitu sekitar 75 persen menembus angka lebih dari 2.500 terabit. Jika dibandingkan dengan hari normal 2016, angka trafik data ini naik sekitar 12 persen.

Di layanan suara dan SMS di momen lebaran ini tercatat cenderung stagnan, dimana layanan suara mengalami penurunan sebesar 4 persen di hari Lebaran menjadi sekitar 1,5 miliar menit jika dibandingkan dengan trafik percakapan di hari normal 2016. Sedangkan layanan SMS masih mencatat kenaikan sebesar 1 persen di malam takbiran.

Adapun tingkat keberhasilan koneksi data dan tingkat keberhasilan pengiriman SMS mencapai lebih dari 99 persen, sedangkan tingkat kesuksesan panggilan mencapai lebih dari 98 persen yang artinya tidak ada masalah yang berarti dan secara umum pelanggan dapat menikmati layanan dengan nyaman.

Sedangkan di jaringan Indosat, trafik voice nasional pada hari H mengalami peningkatan menjadi sekitar 355,62 juta menit, atau naik sekitar 14,04 persen dibandingkan dengan trafik voice reguler hari biasa. Kenaikan tertinggi trafik voice terjadi di area wilayah kota Northern Sumatera (40,18 persen), Southern Sumatera dan Jawa Barat (31,15 persen).

Di kategori SMS Indosat trafik di hari H menurun menjadi sekitar 555.48 Juta SMS, atau turun 4,65 persen dibandingkan trafik SMS di hari biasa. Keberhasilan kirim antar pelanggan Indosat lebih dari 94,16 persen yang mengindikasikan tidak ada masalah signifikan dalam pengiriman SMS internal jaringan Indosat.

Sedangkan tingkat keberhasilan pengiriman SMS ke antar operator mencapai sekitar 90,43 persen walau terjadi kepadatan jalur pengiriman antar operator. Penurunan trafik SMS tertinggi terjadi di kota/wilayah Sulampapua (-58,00 persen), Bali Nusra (-38,49%), dan Jawa Barat (-22,54%). Sementara itu trafik data di hari H meningkat menjadi sekitar 1.317 Terabyte/hari, atau naik 114,51 persen dibandingkan trafik data reguler pada hari biasa.

 

Baca juga :

AMANKAN KESEHATAN PEMUDIK, INDOSAT OOREDOO KERAHKAN MOBIL KLINIK

BINGUNG DITINGGAL MUDIK ART? TUNTASKAN PAKAI AHLIJASA.COM

4 MODA TRANSPORTASI BERANGKATKAN 3.400 PEMUDIK TELKOMSEL SIAGA

Latest News

Saingi TikTok, Snapchat Rilis Fitur Spotlight

Technologue.id, Jakarta - Snapchat meluncurkan fitur terbaru mereka bernama Spotlight untuk menyaingi ketenaran TikTok. Seperti pesaingnya itu, Spotlight bakal...

Ada Bug, Fleets Twitter Bisa Dilihat Meski Sudah Kadaluwarsa

Technologue.id, Jakarta - Fitur baru Twitter, Fleets dikabarkan mengalami bug. Mengakibatkan konten yang semestinya menghilang setelah 24 jam, kini bertahan lebih dari...

Pesta di Rumah Bos UBER Tanpa Masker!

Technologue.id, Jakarta - CEO Uber, Travis Kalanick, dilaporkan menggelar pesta dalam ruangan besar meski tengah pandemi. Pesta yang berlangsung di penthouse Kalanick...

Seorang Ibu Dikecam Lantaran Beri Makan Bayi dengan Nasi Daging

Technologue.id, Jakarta - Seorang ibu di Amerika Serikat dikecam netizen lantaran memberikan makanan yang tak wajar untuk putrinya. Mereka bahkan mengancam untuk...

Review Oppo Watch 41 mm (Wi-Fi): Tampil Menawan dengan Desain Stylish

Technologue.id, Jakarta - Oppo yang selama ini dikenal sebagai produsen smartphone yang fokus menyajikan fitur kamera, kini mulai melakukan berbagai diversifikasi produk....

Related Stories

Leave A Reply

Please enter your comment!
Please enter your name here