Contact Information

Alamat: Komplek Rumah Susun Petamburan Blok 1 Lantai Dasar, Tanah Abang - Jakpus 10260

We're Available 24/ 7. Call Now.
Liburan Idul Adha, Cek Kondisi Mobil Setelah Digunakan Perjalanan Jauh
SHARE:

Technologue.id, Jakarta - Liburan panjang hari raya Idul Adha telah usai. Meski demikian, bukan berarti mobil bisa langsung dupakai untuk beraktifitas, apalagi selepas bepergian jauh ke luar kota.

Selama dipakai berlibur, mobil pasti menempuh perjalanan cukup panjang dan melelahkan, karenanya Hyundai Gowa memberikan tips mudah memastikan mobil tetap prima, siap untuk dipakai kembali. Berikut penjelasannya:

Baca Juga:
Berantas Praktik Judi Online, Kominfo Blokir 2,1 Juta Situs

Cek Ban
Ban merupakan satu-satunya komponen mobil yang berhubungan langsung dengan jalan. Oleh karena itu, wajib periksa tekanan angin ban sesuai rekomendasi principal/pabrik.

Perhatikan pula kondisi telapak dan dinding ban, serta bibir velg mobil. Jika ada yang mencurigakan, segera bawa ke bengkel untuk pengecekan lebih lanjut. Jangan lupa pula memeriksa ban cadangan.

Periksa Oli Mesin
Mesin beroperasi dikondisi yang berat karena membawa banyak muatan dalam perjalanan panjang. Karena itu, dibutuhkan pelumas yang sanggup melindungi mesin dari gesekan antar komponen sehingga mesin dapat bekerja secara optimal.

Pastikan volume oli mesin sesuai takaran. Perhatikan juga warnanya, jangan sampai berubah menjadi keruh, hitam pekat, atau seperti tercampur air.

Mesin
Secara mandiri bersihkan mesin dengan menggunakan kain lap basah. Dengan begitu, bisa terlihat jika ada kebocoran atau kerusakan lainnya.

Posisikan kunci kontak di ON dan lihat indikator di panel instrumen apakan ada masalah. Jika tidak ada, bisa melanjutkan dengan menyalakan mesin.

Dengarkan bila ada suara aneh terdeteksi. Jika sampai ada masalah, peluang terbaik untuk memperbaiki adalah dengan membawanya ke bengkel terdekat dan terpercaya.

Baca Juga:
Visi Barcode Gokart Hadirkan Bibit-bibit Pembalap Formula 1

Cairan di Ruang Mesin
Bisa dimulai dari mengecek air di radiator dan tabung penyimpan cadangan air radiator. Perhatikan ketinggian tabung penyimpan minyak rem dan pembersih kaca depan.

Cek ketinggian air aki serta bersihkan permukaan terminal aki dan tutup pengisi jika terjadi pengapuran. Lanjut cek volume minyak power steering hidrolis dan pastikan freon AC dalam kondisi penuh.

Bersihkan Kabin dan Bagasi Mobil
Kabin dan bagasi harus memperoleh perhatian lebih mengingat dipakai sebagai tempat duduk penumpang dan menyimpan barang. Pastikan tidak ada kotoran tersisa untuk menjaga kenyamanan pengendara.

SHARE:

NASA Batalkan Proyek Penjelajah Bulan VIPER, Ini Penyebabnya

Sasar Milenial, Agate dan Bank Jago Rilis Game Jago Money Quest