Technologue.id, Jakarta –  Tak bisa dipungkiri bahwa di tahun 2016 ini terjadi banyak pergerakan kemanusiaan maupun peristiwa yang menarik perhatian penghuni dunia maya di Indonesia. Sebagai salah satu media sosial dengan sifatnya yang live dan conventional, Twitter kerap dijadikan tempat penyebaran informasi terkini.

Nah, memasukki penghujung tahun 2016, Twitter berbagi momen alias topik apa saja yang paling ramai dibicarakan oleh netizen di platform berlogo burung biru ini. Ada sebanyak 10 momen tersebut lantas hadir dalam bentuk beri tanda pagar (#) Rameditwitter terangkum dalam yang popular di Twitter sepanjang tahun 2016 di Indonesia.

10 Momen paling populer 2016 versi Twitter, diantaranya:

  1. Bulan Suci Ramadan

Momen Ramadan menjadi yang terbesar di Indonesia. Dimana pengguna ramai-ramai berbagi informasi, seperti resep makanan, kutipan religi, hingga saat merayakan Idul Fitri di kampong halaman. Menariknya, Indonesia mnejadi negara ke-2 dengan jumlah tweet terbanyak di dunia selama bulan Ramadan.

2. Owi-Butet Menang Emas Olimpiade

Pada saat pasangan ganda campuran cabang olahraga Bulutangkis, Tontowi Ahmad dan Lilyana Natsir berhasil meraih medali emas di Olipiade Rio 2016 lalu, lantas mampu membuat pengguna twitter heboh berbagi dukungan dan ucapan selanmat melalui tagar #OwiButetBisaEmas.

“Pak Presiden Jokowi yang juga berkicau mengucapka selamat kepada Owi-Butet akhirnya berhasil menjadi Golden Tweet 2016 karena sangat banyak di ReTweet,” tambah Roy lagi.

3. Hari Kemerdekaan RI ke 71

Hari Kemerdekaan Indonesia ke-71 dirayakan masyarakat dengan berbagai kicauan. Termasuk pertama kalinya upacara bendera di istana negara ditayangkan secara live lewat akun media sosial, Periscope yang turut menjadi bagian dalam fitur di Twitter.

4. Aksis terorisme di Sarinah, Jakarta

Aksi terror yang terjadi di sekitar Sarinah pada 14 Januari 2016 kemudian telah memunculkan reaksi, tak terkecuali aksi saling memberi kekuatan di sosial media ini. Netizen pun menandakannya dengan beberapa tagar, diantaranya #KamiTidakTakut maupun #PrayForJakarta.

5. EURO 2016

Piala Eropa 2016 merupakan kompetisi sepak bola paling prestisius di Eropa tersebut masih terdengar keras gaungnya di linimasa Twitter di dunia, termasuk Indonesia. Pengguna pun tak pelak banyak yang mengungkapkan dukungan untuk idola serta negara favorit mereka.

BACA JUGA: Apakah Twitter Bakal Mati di Tahun 2017?

6. GMT 2016

Gerhana matahari total 2016 menjadi ajang kompetisi foto pengguna internet yang berlomba-lomba menangkap foto bulan penuh. Momen ini tergolong sangat langka, jadi tak heran jika penghuni Twitter mengabadikan kesempatan tersebut.

7. Love BTS

Disamping kehebohan suatu peristiwa penting yang terjadi di tanah air, ternyata netizen seringkali berbagi keseruan setiap kali ada kegiatan yang dilakukan oleh salah satu boyband asal Korea Selatan, Bangtan Boys (BTS). Pecinta BTS secara konsisten berada di daftar trending topic Indonesia tahun ini.

8. Timnas Indonesia

Rupanya rakyat Indonesia cukup nasionalis dalam mendukung para pejuang tim nasional sepak bola. Hadir dengan #TimnasDay pada kicauan Twitter, netizen menggunakan tagar tersebut setiap kali Timnas Indonesia bertanding.

9. Bom di Madinah

Musibah terjadinya bom di Madinah yang tampak simpang siur di media masa, kemudian menimbulkan tak sedikit doa untuk para korban serangan bom di kota tersebut.

10. Pertandingan Persib

Salah satu tim sepak bola nasional, namun asal Bandung (Persib) sempat ramai dibahas di Twitter. Dimana kala itu para pendukung tim tersebut gencar menyuarakan pujian maupun dukungan bobotoh setiap kali Persib bertanding.

“Kalau kita lihat bahwa di Twitter itu terjadi pertumbuhan tweet per day dari para pengguna sekitar 10%, jadi orang-orang itu semakin aktif nge-tweet untuk menyebarkan informasi secara live dan massive,” ujar Roy Simangunsong, Country Head Twitter Indonesia.

Roy lantas juga mengungkap kalau pengguna internet di Indonesia itu yang paling cerewet, Dimana pengguna Twitter di Indonesia telah mencapai 4,1 milliar per tahunnya dan sebesar 77 persen diantaranya adalah pengguna aktif.

BACA JUGA:

Duh, Posisi Twitter Digeser News Aggregator

Hampir 90 Persen Remaja Indonesia Terpengaruh Iklan Twitter