Technologue.id, Jakarta – Peringatan Hari Bakti Pos dan Telekomunikasi (Postel) ke-71 tahun ini diramaikan Digital Running for Innovation dan Digital Market dan pameran layanan over-the -top (OTT). Acara itu diselenggarakan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) Republik Indonesia bersama dengan seluruh operator dan komunitas telekomunikasi nasional.

Kegiatan ini merupakan rangkaian dari peringatan Hari Bhakti Postel ke-71 dengan tema ‘Revolusi Digital Menuju Indonesia Hebat’. Tema acara tahunan kali ini sejalan dengan Visi Pemerintah 2020 untuk menjadikan Indonesia menjadi negara dengan ekonomi digital terbesar se -Asia Tenggara.

Tema yang diangkat itu bertujuan untuk lebih mengembangkan dan meningkatkan pemanfaatan aplikasi digital untuk mendukung kemajuan perekonomian bangsa. Revolusi digital yang didukung industri telekomunikasi diklaim telah semakin memberikan kontribusi nyata bagi perkembangan ekonomi Indonesia dalam bentuk tumbuhnya industri kreatif.

“Peringatan Hari Bhakti Postel menjadi momentum bagi seluruh komunitas Postel dan Penyiaran untuk terus menghadirkan layanan telekomunikasi terbaik, terjangkau dan semakin merata di seluruh pelosok tanah air. Hal ini untuk mendorong digitalisasi masyarakat dengan layanan digital yang semakin luas sesuai dengan target pemerintah untuk menjadi negara dengan ekonomi digital terbesar di Asia Tenggara,” ujar Menteri Kominfo Rudiantara.

Ketua Umum Hari Bakti Postel (HBP) ke-71, Alexander Rusli, menjelaskan, dengan semangat Hari Bakti Postel ke-71 dan dijiwai tema utama tahun ini, berbagai acara digelar antara lain 7.1K Digital Running for Innovation, Pasar Digital, Mobil Klinik, Pameran OTT, dan Panggung Hiburan. Tema ‘digital’ ini merupakan yang pertama kali dilakukan dalam peringatan HBP selama ini.

Berbagai acara tersebut bertujuan untuk memberikan manfaat lebih luas dari industri telekomunikasi nasional kepada bangsa. Penyelenggaraan Digital Running dan Digital Market serta Pameran OTT, bukan hanya untuk komunitas postel namun juga untuk masyarakat umum.

Kegiatan Pasar Digital sengaja digelar untuk memberikan literacy kepada masyarakat mengenai electronic money dari industri telekomunikasi, supaya dapat menggiatkan penggunaan uang digital atau E-money yang dimiliki oleh setiap operator dalam berbagai transaksi. Sementara Pameran OTT bertujuan untuk mengakomodasi pertumbuhan startup-startup potensial Indonesia.

Peringatan Hari Bakti Postel ke-71 tahun 2016 yang dipusatkan di Plaza Barat Senayan, Jakarta, Minggu (30/10), dihadiri oleh Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara dan jajaran pejabat serta pegawai di lingkungan Kemkominfo, BRTI, asosiasi dan komunitas telekomunikasi, serta operator-operator telekomunikasi seperti Indosat Ooredoo, PT Pos, Telkom, Telkomsel, Hutch3, Mastel, PT Inti, XL Axiata, dan Smartfren.

Baca juga :
TEKNOLOGI INTERNET CEPAT 4,5G SAPA MASYARAKAT BANTEN
NGEBET SUMBANG NEGARA, TELKOMSEL MINTA LELANG FREKUENSI TAHUN INI
PERKENALKAN STREAM ON, INDOSAT GRATISKAN STREAMING MUSIK DAN VIDEO