Technologue.id, Jakarta – Google mengumumkan sepuluh vendor ponsel yang akan menerima update Android 10 sebelum tutup tahun ini.

Mengutip GSMarena (24/10/2019), kesepuluh merek smartphone yang mendapat kesempatan ini antara lain Asus, LG, Motorola, Oppo, Realme, Samsung, Sharp, Sony, Transsion, dan Vivo. Diluar dari Essential, Xiaomi, dan OnePlus yang sudah lebih dulu menggulirkan sistem operasi Android 10 pada perangkat mereka.

Baca Juga:
Ini Tampilan Android 10 di Samsung Galaxy S10

Tinggal dua bulan sebelum berganti tahun, Google optimis target mendorong para OEM memperbarui perangkat lunak mereka ke versi terbaru bisa tercapai. Pasalnya, sejak diluncurkannya Android generasi ke-8, Oreo, Google telah menghadirkan Project Treble yang diklaim akan mengatasi masalah implementasi OS dari smartphone non-Google supaya lebih cepat mencicipi versi barunya.

Dalam postingan baru di blog, Google merinci kemajuan pada tingkat adopsi Android yang menunjukkan bahwa Android 9 Pie memiliki tingkat adopsi tertinggi di tahun pertama dan sekarang memegang 22,6% bagian dari seluruh ekosistem Android.

Pencapaian ini terjadi berkat upaya Google dengan Project Treble dan kolaborasi erat dengan produsen besar. Google mengklaim waktu rata-rata untuk migrasi antara Oreo dan Pie hanya 3 bulan saja, dan menyakini peningkatan ke Android 10 bakal terjadi lebih cepat.

Baca Juga:
Android 10 Go, Lebih Ringan dari Versi Reguler

Setelah mendapat Android 10, beberapa fitur yang bisa dinikmati diantaranya Smart Reply, Gesture Swipe Baru, Live Caption, Sound Amplifier, Format Foto HEIF, dan masih banyak lagi.