Technologue.id, Jakarta – Selain punya sistem operasi Android versi reguler, Google juga memiliki Android Go Edition. Dan tak lama berselang dari rilisnya Android 10 beberapa waktu lalu, Google sudah memiliki rencana untuk memperbaharui Android Go Edition.

Baca Juga:
Ini Daftar Smartphone realme yang Bakal Cicipi Android 10

Mengutip dari TheVerge (26/09/19), Google baru-baru ini memberikan sedikit detail tentang Android 10 Go Edition yang tengah dikembangkannya. Dan kali ini, akan lebih dioptimalisasikan untuk gadget yang memiliki kapasitas RAM kurang dari 1,5 GB.

Tak cuma itu, Google pun meningkatkan sejumlah fitur esensial, seperti kinerja dan keamanan. Beralih aplikasi kini bisa dilakukan lebih cepat dan konsumsi memori juga lebih efisien. Di saat yang bersamaan, Google juga mengonfirmasi bahwa aplikasi akan berjalan lebih cepat sekitar 10 persen jika dibandingkan dengan sistem operasi sebelumnya.

Baca Juga:
Samsung Galaxy S9 dan S9+ Bakal Dapat Android 10

Fitur baru lainnya yang ada di Android 10 Go adalah hadirnya standar enkripsi Adiantum. Adiantum diklaim lebih cepat 5 kali lipat dibandingkan dengan enkripsi sebelumnya, AES. Dan yang lebih menariknya, model enkripsi ini juga tak memerlukan komponen khusus pada perangkat untuk bisa menjalankannya.

Sejak diperkenalkan pada tahun 2018 lalu, sudah ada sekitar 1.600 perangkat yang sudah menggunakan Android Go. Dan setidaknya sudah ada 500 produsen gadget yang berada di lebih dari 180 negara yang sudah merilis perangkat berbasis Android Go.