Technologue.id, Jakarta – Beberapa tahun terakhir, industri speaker pintar terus meningkat seiring dengan tumbuhnya industri asisten digital dan Artificial Intelligence (AI). Kini, sudah ada jutaan speaker pintar yang terpasang di berbagai wilayah di seluruh dunia.

Mengutip dari GSMArena.com (09/07/2018), salah satu lembaga riset bernama Canalys baru saja mempublikasikan laporannya terkait dengan pasar speaker pintar. Berdasarkan data yang berhasil mereka kumpulkan, diperkirakan akan ada lebih dari 100 juta perangkat speaker pintar yang digunakan pada akhir tahun 2018 mendatang.

Baca juga:

Waduh, Alexa Rekam dan Sebarkan Obrolan Penggunanya Diam-diam!

Tak cuma itu, menurut Canalys, pertumbuhannya akan terus meningkat setidaknya sampai akhir tahun 2020 mendatang. Pada masa itu, diprediksi speaker pintar akan terdapat pada 225 juta rumah di seluruh dunia.

Baca juga:

Smart Speaker Google Catatatkan Rekor Pertamanya

Soal perangkat apa yang paling banyak digunakan, Research Analyst Canalys, Vincent Thielke, mengatakan bahwa Amazon Echo diprediksi akan mengungguli pangsa pasar pada akhir tahun ini dengan porsi lebih dari 50 persen. Sementara Google Home akan mengikuti di angka 30 persen. Sisanya, ada Apple HomePod yang berbasis Siri dengan 4 persen.

Baca juga:

Survei: 89 Persen Pengguna Puas Menggunakan Smart Speaker

Speaker pintar keluaran Amazon dan Google sendiri bakal paling banyak digunakan lantaran mereka berhasil membuat ekosistem yang baik sehingga pengguna enggan untuk pindah platform. Alasan lainnya adalah soal harga jual yang menarik dan diiringi dengan berbagai program penawaran bagi calon pembeli.