Waduh, Alexa Rekam dan Sebarkan Obrolan Penggunanya Diam-diam!

- Advertisement -

Technologue.id, Jakarta – Sebuah keluarga di Portland, Amerika Serikat, kaget karena asisten virtual yang mereka miliki di dalam rumah dalam wujud Amazon Echo “terlalu kreatif”. Mereka mengklaim kalau Alexa, artificial intelligence (AI) yang dibekalkan ke perangkat tersebut, telah merekam obrolan mereka dan mengirimkannya ke orang lain tanpa mereka sadari.

Masih untung penerima pesan nyasar dari keluarga ini bukan orang yang asing bagi mereka. Dua pekan lalu, penerima pesan salah kirim yang merupakan salah seorang pegawai dari sang suami mengirimkan file audio yang direkam speaker pintar itu di dalam rumah. Tanpa menunggu lama, keluarga tersebut menonaktifkan Amazon Echo, melaporkannya pada Amazon, dan meminta refund.

Baca juga:

Guna Lawan Apple, Google, Hingga Samsung, Microsoft Akuisisi Startup Ini

Sang istri menyebutkan kalau pihak Amazon mengapresiasi laporan ini, juga sudah meminta maaf atas ketidaknyamanan yang terjadi. Akan tetapi dari analisis dalam log Amazon Echo keluarga tersebut, Amazon mengklaim kalau kesalahan tidak melulu berasal dari Alexa.

Dari penjelasan Amazon ke Engadget.com (24/05/2018), Echo “bermasalah” itu mulanya mendengar perintah dan konfirmasi yang membuatnya pada akhirnya merekam dan mengirimkannya ke seseorang di daftar kontak yang ada. Asisten virtual tersebut bahkan tak cuma sekali menerima konfirmasi tak sengaja itu.

Baca juga:

HP Sematkan Alexa pada All-in-One PC

“Echo aktif setelah ada obrolan yang serupa kata ‘Alexa’. Dari obrolan tersebut, Alexa lantas mendengar perintah ‘send message’. Di poin ini, Alexa sebenarnya sempat bertanya dengan kencang, ‘Untuk siapa?’, dan menginterpretasi nama dalam obrolan tersebut sesuai nama yang ada di daftar kontak user,” jelas perwakilan Amazon, yang juga mengaku akan terus mengevaluasi opsi berbekal kasus ini untuk memperkecil kejadian serupa terjadi lagi.

Baca juga:

Apa Kata Pemerintah AS Soal AI Google Kontroversial yang Bisa Menelepon?

Alexa setelah itu kembali mengonfirmasi, apakah benar user akan mengirimkan pesan ke kontak tersebut. Lagi-lagi, Alexa mendapatkan semacam konfirmasi dari obrolan itu dan pesan itu pun terkirim.

Menurut Anda, apakah kesalahan ada di pihak Amazon yang kurang sempurna dalam menciptakan Alexa atau hal ini terjadi secara kebetulan saja?

- Advertisement -

Latest News

Related Stories