Technologue.id, Jakarta – Seluruh rangkaian debat Pemilihan Presiden 2019 telah berakhir di Sabtu malam (13/4/2019). Terdapat lebih dari 1,3 juta Tweet terkait debat ke-lima semalam. Puncak percakapan terjadi sekitar pukul 22.00 WIB, dengan hampir 181.000 Tweet per menit.

Selama debat Pilpres berlangsung di awal tahun, masyarakat Indonesia dari berbagai belahan dunia menggunakan Twitter untuk mengemukakan pendapat dan sanggahan, berbagi informasi, hingga memberikan dukungan kepada paslon pilihan mereka.

Baca Juga:
Ramai-ramai Nge-Tweet Obrolan Debat Pilpres 2019 ke-4

Debat ke-lima ini menjadi penentuan akhir penilaian masyarakat terhadap kedua kandidat Presiden dan Wakil Presiden. Debat Pilpres 2019 ini akan menutup rangkaian debat pasangan calon presiden dan calon wakil presiden yang telah digelar sejak 17 Januari 2019 dan mengangkat isu-isu meliputi ekonomi dan kesejahteraan sosial, keuangan, investasi, serta industri.

- Advertisement -

Selama acara debat terakhir berlangsung, beberapa tagar silih berganti mewarnai linimasa dan percakapan di Twitter, baik yang terkait dengan respon pengguna Twitter atas jawaban kandidat atau sekadar merangkum berbagai Tweet ringan yang mengundang tawa. Berikut ini adalah tagar terpopuler selama debat berlangsung semalam.

Tagar terpopuler selama debat Pilpres terakhir (Eksklusif / Technologue.id)

Pada debat semalam, Jokowi bertanya kepada paslon 02 tentang pengembangan ekonomi digital khususnya e-sport, seperti Mobile Legends. Pertanyaan ini mendapatkan beragam tanggapan yang sangat ramai di Twitter.

Baca Juga:
Jurus Pemerintah Berangus Hoax Jelang Pemilu 2019

Cawapres nomor urut 02, Sandiaga Uno, juga kembali mengeluarkan strategi dengan bercerita tentang kisah kehidupan “emak-emak” bernama Ibu Mia dan Ibu Nurjanah hingga seorang millenial bernama Rahman. Hal ini pun mendapat beragam tanggapan dari warganet.

Warganet juga terus memantau perkembangan Debat Pilpres 2019 pertama hingga debat terakhir semalam. Di debat terakhir ini, tidak sedikit yang juga memberikan pendapat tentang kedua kandidat dan jalannya Pemilu kali ini.