Contact Information

Alamat: Komplek Rumah Susun Petamburan Blok 1 Lantai Dasar, Tanah Abang - Jakpus 10260

We're Available 24/ 7. Call Now.
Brain Cipher Tepati Janji, Kunci Berkas PDNS 2 Dirilis
SHARE:

Technologue.id, Jakarta - Kelompok hacker Brain Cipher memenuhi janji memberikan kunci dekripsi data tersandera di Pusat Data Nasional Sementara 2 (PDNS2) Surabaya. Penyerahan kunci tersebut dilakukan sesuai janji mereka, hari Rabu.

Konfirmasi rilis kunci dekripsi itu diungkap Alfons Tanujaya, Pengamat Keamanan Siber Vaksincom. Ia sebelumnya sempat meragukan niat para hacker penyandera data tersebut benar-benar akan dipenuhi.

"Brain Cipher menepati janjinya untuk kasih dekripsi ke PDN. Jujur saja saya sempat ragu karena ini mau lewat hari Rabu. Dia sekarang rilis file dekripsinya," ungkap Alfons dalam video di akun Instagramnya.

Baca juga:
Pengamat Keamanan Siber Ragukan Brain Cipher Rilis Kunci Data PDNS 2 Hari Ini

Langkah selanjutnya, sebut Alfons seperti dikutip Technologue.id Rabu (3/7/2024), menunggu konfirmasi tim PDN bahwa file yang dilepas Brain Cipher berfungsi.

"Apakah benar file yang diberikan Brain Cipher bisa mendekripsi data itu. Kalau itu benar, artinya semua data di VMware yang dienkripsi mereka bisa balik semua," imbuhnya.

Pengamat Vaksincom ini juga mengaku akan memenuhi janjinya untuk mengirimkan donasi ke Brain Cipher. Donasinya akan dikirim melalui akun monero yang sengaja ditinggalkan Brain Cipher dalam surat terbuka sebelumnya.

Baca Juga:
Ini Alasan Grup Peretas Brain Cipher Bebaskan Data PDNS 2

"Saya akan menepati janji mengirimkan donasi ke rekening monero Brain Cipher. Sebelum melakukan donasi, saya akan memastikan kunci tersebut memang bisa mendekripsi file yang dienkripsi Brain Cipher. Sekarang kita tunggu informasi dari teman-teman di PDN," tutupnya.

SHARE:

Faktor Ini yang Bikin Ponsel Lipat Semakin Bergairah di Indonesia

Masalah-masalah yang Kerap Mendera Smartphone Layar Lipat