Technologue.id, Jakarta – X1 Carbon adalah salah satu seri paling premium di antara anggota keluarga ThinkPad lainnya. Dan sesuai namanya, setiap tahunnya ia menggunakan karbon sebagai material utama untuk bodi bagian dalamnya. Namun tahun 2019 ini, penggunaan karbon ditambah hingga pada bagian top cover atau sisi luarnya.

Mengutip dari TheVerge (07/01/19), Lenovo kini menyertakan dua pilihan top cover untuk ThinkPad X1 Carbon, yakni dengan karbon fiber atau hitam polos (seperti X1 Carbon pada tahun sebelum-sebelumnya). Untuk varian karbon fiber sendiri dijual lebih mahal ketimbang yang hitam polos.

Baca Juga:
Lenovo Pamer Dua Laptop Yoga, Sasar Pekerja Kreatif

Selain soal desain, Lenovo pun memangkas ketebalan bodi laptop sehingga bobotnya pun ikut berkurang. Kini, laptop 14 inci tersebut hanya memiliki bobot 1,1 Kg dengan ketebalan 14,95 mm. Oleh karenanya, ia diklaim sebagai laptop komersil 14 inci yang paling ringan di dunia untuk saat ini.

Soal spesifikasi, X1 Carbon edisi tahun 2019 ini menggunakan jajaran prosesor Intel Core generasi kedelapan dengan kapasitas RAM hingga 16 GB, serta kapasitas SSD hingga 2 TB. Sementara untuk pilihan layarnya, bisa menggunakan layar 14 inci beresolusi 1080p, 4K, maupun 1080p low-power yang mampu menghemat konsumsi daya.

- Advertisement -

Untuk ThinkPad X1 Carbon kali ini, Lenovo membanderolnya dengan harga mulai dari US$1.709 atau setara dengan Rp24 juta. Harga tersebut akan berbeda-beda, tergantung pada spesifikasi yang akan dipilih oleh masing-masing pengguna.