Technologue.id, Jakarta – Menutup akhir tahun, Lenovo memperkenalkan laptop 2-in-1 terbarunya. Ada dua laptop dari seri Yoga yang diumumkan saat ini, yaitu Yoga C930 dan S730. Keduanya dibekali berbagai fitur yang dapat menunjang kebutuhan pengguna yang berkecimpung di subsektor ekonomi kreatif.

Ekonomi Kreatif merupakan salah satu sektor yang diharapkan mampu menjadi kekuatan baru ekonomi nasional di masa mendatang, seiring dengan kondisi sumber daya alam yang semakin terdegradasi setiap tahunnya.

Baca Juga:

Lenovo Hadirkan Smartphone Slide, Z5 Pro

Triawan Munaf, Kepala Badan Ekonomi Kreatif Indonesia, yakin seluruh lini dalam industri ekonomi kreatif Indonesia tiap tahun selalu tumbuh positif, bahkan diperkirakan mencapai Rp1.000 triliun di tahun 2018, jika merujuk dari data di tahun 2016 yang bahkan sudah mencapai Rp922,5 triliun. Subsektor ekonomi kreatif yang menghasilkan pendapatan terbesar antara lain kuliner, fashion, dan kriya.

- Advertisement -

Sedangkan untuk subsektor dengan pertumbuhan tertinggi dialami oleh televisi/komunikasi, film animasi dan video, seni pertunjukan, desain komunikasi visual, serta aplikasi dan game developer.

“Dari keseluruhan subsektor ini, hampir semuanya membutuhkan perangkat teknologi dengan fitur berspesifikasi tinggi untuk menghasilkan karya yang lebih baik dan pada akhirnya akan meningkatkan perkembangan ekonomi kreatif di Indonesia,” kata Helmy Sutanto, Consumer Lead, Lenovo Indonesia, ditemui dalam sesi sneak peek Yoga C930 dan S730, di Jakarta, Kamis (06/12/2018).

Baca Juga:

Lenovo Sematkan Snapdragon 850 ke dalam Laptop

Yoga C930 (Choiru Rizkia / Technologue.id)
Lenovo S730 (Choiru Rizkia / Technologue.id)

Pertama kali diluncurkan di IFA 2018 di Berlin, Jerman, kedua perangkat ini menampilkan pembaharuan di subbrand Yoga, yaitu pemberian inisial C untuk Convertible, di mana semua produknya merupakan perangkat multimode, dan pemberian inisial S untuk Slim, di mana semua produknya memiliki desain tipis dan ringan.

Baca Juga:

Tipis dan Stylish, Ini Keunggulan Lenovo Yoga 730

“Melihat kebutuhan pelaku ekonomi kreatif ini, kami merasa tepat sekali Yoga C930 dan S730 diperkenalkan ke pasar di Indonesia, karena perangkat ini dengan berbagai fitur canggihnya, sangat cocok untuk membantu mereka berkarya, atau pun untuk mereka yang baru memulai perjalanannya di sektor ekonomi kreatif tersebut,” tandas Helmy.

Pihak Lenovo belum mau membeberkan soal ketersediaan pasar Yoga C930 dan Yoga C730. Ia menjanjikan segera akan meluncurkan dan menjual kedua perangkat tersebut.