Technologue.id, Jakarta – Walaupun bukan menjadi yang pertama, Samsung sudah berhasil mengembangkan asisten digitalnya, yakni Bixby. Dan teknologi tersebut sudah disematkan oleh beberapa smartphone buatannya dan TV. Meski begitu, mereka tetap ‘membuka jalan’ bagi pengguna yang ingin menggunakan asisten digital buatan kompetitor.

Mengutip dari TheVerge (06/01/19), Samsung dikabarkan sudah mengumumkan jajaran produk TV barunya untuk tahun 2019 ini. Dan semuanya tak cuma bisa mendukung Bixby, tetapi juga Amazon Alexa dan juga Google Assistant.

Baca Juga:
Apple Sematkan iTunes ke Smart TV Samsung

Untuk bisa menyematkan Bixby, Alexa, maupun Google Assistant, Samsung membebaskan pengguna soal penggunaan perangkat yang akan terkoneksi dengan TV. Perangkat tersebut bisa saja Amazon Echo, Google Home, ataupun speaker pintar lainnya. Meski begitu, pengguna tidak disarankan untuk menggunakan lebih dari satu asisten digital. Pasalnya, hal tersebut bisa membuat TV bingung untuk memproses perintah.

Walaupun bisa menggunakan asisten digital buatan kompetitor, dukungan tersebut masih cukup terbatas. Pasalnya, Alexa dan Google Assistant hanya bisa dimanfaatkan untuk menyalakan / mematikan TV, memilih aplikasi, ataupun mengubah input video.

- Advertisement -

Di sisi lain, jika menggunakan Bixby, pengguna bisa memberikan perintah yang lebih kompleks, seperti memerintahkan remote control melalui suara. Hal tersebut dikarenakan TV buatan Samsung menggunakan sistem operasi Tizen dan Bixby secara natif sudah mendukungnya.