Technologue.id, Jakarta – Baik dari sisi operator maupun vendor smartphone tampaknya perlahan-lahan sudah siap menyambut kedatangan era konektivitas 5G. Hal itu pun dirasakan oleh Taiwan Semiconductor Manufacturing Company (TSMC) yang merupakan produsen yang sudah mulai memproduksi modem 5G.

Baca Juga:
Operator Dijamin Ketiban Untung di Era 5G

Mengutip dari GSMArena (16/09/19), TSMC dikabarkan kebanjiran proyek untuk memproduksi modem 5G dengan fabrikasi 7nm. Bahkan, mereka mengakui kalau kapasitas pabriknya kini sudah penuh untuk bisa memenuhi permintaan tersebut.

Dengan kondisi tersebut, pihak TSMC menyimpulkan bahwa pada tahun 2020 mendatang, setidaknya jumlah smartphone 5G bisa mencapai 300 juta unit yang tersebar di seluruh dunia. Jika permintaan pasar bertambah, bisa saja angka tersebut semakin tinggi.

Illustrasi Pertumbuhan Smartphone 5G (Sumber: GSMArena.com)
Illustrasi Pertumbuhan Smartphone 5G (Sumber: GSMArena.com)

Di sisi lain, salah satu perusahaan riset pasar, Strategy Analytics memberikan estimasi bahwa smartphone 5G hanya menyumbang 1 persen dari total angka penjualan smartphone pada tahun 2019 ini. Sementara tahun depan, angka tersebut akan meningkat 10 kali lebih tinggi.

Baca Juga:
BlackBerry Absen dari Kompetisi Smartphone 5G

Lebih lanjut, Strategy Analytics juga mengatakan bahwa 5 tahun dari sekarang, hampir setengah dari seluruh penjualan smartphone di seluruh dunia akan didominasi oleh smartphone 5G. Hingga saat ini sendiri, setidaknya sudah ada beberapa vendor smartphone yang sudah mulai menyematkan chipset dengan konektivitas 5G.