Technologue.id, Jakarta – Penjualan global smartphone 5G diperkirakan mencapai 160 juta unit pada 2020. Sayangnya dari angka tersebut, tidak ada kontribusi BlackBerry dalam merilis smartphone teknologi internet 5G.

Baca Juga:
BlackBerry Bangkit Kembali, Sedang Kerjakan Ponsel BB Monet

Menurut salah satu petinggi di TCL, perusahaannya tidak memiliki rencana untuk mengembangkan smartphone BlackBerry 5G dalam waktu dekat. Ia beralasan, pemanfaatan teknologi seluler generasi kelima itu tidak hanya pada ponsel saja, namun juga bisa diadopsi pada perangkat pintar lainnya.

“Ini bukan hanya untuk perangkat hiburan dan Anda sudah bisa mendapatkan email dengan sangat cepat. Kita bisa bersenang-senang dengan 5G dan di mana menerapkannya – mungkin di TV 8K atau lemari es, hanya bukan BlackBerry,” tutur Stefan Streit, GM Marketing TCL, dalam acara CCS Insight Predictions baru-baru ini di London, sesuai dikutip dari Pocket-lint (3/10/2019).

Baca Juga:
BlackBerry Kecewa Emtek Tutup BBM

Seperti diketahui, sejak tiga tahun lalu, perusahaan China, TCL Corp, mendapat lisensi menggunakan merek BlackBerry di perangkat buatannya dan menjualnya ke seluruh dunia. Namun bukannya membaik, bisnis smartphone BlackBerry justru meredup karena tidak ada upgrade model-model baru dalam satu tahun terakhir. Bahkan BlackBerry juga ikut turun kelas dimana saat ini fokus bermain di segmen menengah.

Di sisi lain, TCL akan merilis perangkat 5G yang terjangkau tahun depan sebagai bagian dari merek ponselnya sendiri dan juga dari jajaran Alcatel.

“Kami akan meluncurkan smartphone yang terjangkau (di bawah US$ 600-500) pada pertengahan tahun depan,” jelasnya.