Contact Information

Alamat: Komplek Rumah Susun Petamburan Blok 1 Lantai Dasar, Tanah Abang - Jakpus 10260

We're Available 24/ 7. Call Now.
3 Strategi Pemerintah Dukung Transisi UMKM Konvensional ke Digital
SHARE:

Technologue.id, Jakarta - Pemerintah memberikan perhatian terhadap pengembangan pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) dengan terus berupaya mempermudah dan memperlancar aktivitas dan transaksi pelaku UMKM dalam ekosistem digital.

Menteri Komunikasi dan Informatika Budi Arie Setiadi mengatakan, pemerintah tengah menerapkan tiga pendekatan strategis yaitu pembangunan infrastruktur digital, stimulus pelatihan digital dan penguatan kecakapan digital.

Baca Juga:
Harga Rp4 Jutaan, Ketahui 4 Aspek Unggulan OPPO A98 5G

"Pembangunan infrrastruktur yang dikenal dengan tiga layer, yaitu tulang punggung, middle mile dan the last mile. Kedua, mengupayakan stimulus berupa pelatihan ataupun pendampingan peralihan UMKM konvensional ke digital. Ketiga, mendorong peningkatan kapasitas dan peran UMKM di dalam ekonomi nasional kita," jelasnya belum lama ini.

Menurut Menkominfo, pembangunan infrastruktur telekomunikasi dilakukan untuk meningkatkan dan memanfaatkan teknologi digital di berbagai kegiatan ekonomi masyarakat dan UMKM. Dengan infrastruktur digital yang merata, masyarakat dapat menggunakan secara produktif dan memberikan dukungan terhadap pengembangan ekosistem digital.

"Tugas Kominfo salah satunya memperkuat infrastruktur digital. Tidak mungkin digitalisasi itu ada kalau infrastruktur digitalnya tidak terbentuk," ujarnya.

Kemenkominfo juga memiliki program untuk mengembangkan kapasitas produsen lokal dalam rangka mendorong pengembangan kualitas pelaku UMKM. Lewat program itu, Pemerintah mengupayakan stimulus dan fasilitasi penyesuaian peralihan aktivitas bisnis UMKM ke ruang digital.

"Agar negara menjadi kreatif butuh pelaku UMKM yang banyak. UMKM ini kan jualan produk, mereka berkreasi, makanya Pemerintah mendukung ekosistem digital. Dengan adanya akses internet maka berjualan online akan menumbuhkan dan meningkatkan kreativitas," jelasnya.

Baca Juga:
Oppo A98 5G Meluncur Bawa Teknologi Pengisian Daya Ngebut

Di sisi konsumen, Pemerintah memiliki Program Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (Gernas BBI) yang diharapkan bisa turut mendukung literasi digital para pelaku usaha serta meningkatkan kebanggan untuk mengonsumsi produk lokal.

"Gernas BBI punya misi untuk mendorong artisan, UMKM untuk memanfaatkan teknologi digital. Lewat Gerakan ini, kami mendorong masyarakat untuk belanja buatan produk dalam negeri," tandas Menkominfo Budi Arie Setiadi.

SHARE:

Saingi Apple Watch, Samsung Tingkatkan Kemampuan Baterai Galaxy Watch X

WhatsApp Perpanjang Durasi Posting Voice Note di Status