Technologue.id, Jakarta – Jonathan Ive atau biasa disapa Jony Ive mengumumkan pengunduran diri dari perusahaan Apple. Komandan tim desain ini akan mengakhiri masa kerjanya bekerja selama 30 tahun di Apple, pada akhir tahun ini.

Ive memegang peran penting bagi ‘nafas’ Apple selama bekerja di sana. DIlansir The Verge (27/6/2019),sejumlah produk yang ia desain, seperti beberapa seri Mac, iPod, iPhone, iPad, Apple Watch, dan banyak produk lain lagi yang menjadi salah satu produk terbaik Apple.

Baca Juga:
Bos Foxconn Desak Apple Segera Pindahkan Produksi ke Luar China

Sebelum menjadi bos desain Apple, Ive adalah Head of Software Design, tepatnya pada 2012. Saat itu ia menggantikan posisi Scott Forstall yang dipecat oleh CEO Apple, Tim Cook, karena masalah pada Apple Maps.

Ia sempat dua tahun meninggalkan divisi desain Apple, untuk mengerjakan hal yang tak kalah penting. Yaitu kantor pusat Apple yang bentuknya seperti pesawat luar angkasa. Karena bangunan tersebut sudah selesai dikerjakan, Ive akhirnya kembali menjadi Chief Design Officer Apple.

Baca Juga:
Pasar Smartphone Premium Turun, Apple Tetap Kuasai Pasar

Meski sudah tak lagi menjabat posisi eksekutifnya, namun dikabarkan, Ive dan Apple akan sama-sama menjalin kerjasama di berbagai proyek Apple.

“Apple akan terus mendapat manfaat dari bakat Jony dengan bekerja secara langsung dengannya di proyek-proyek eksklusif, dan melalui kerja berkelanjutan dari tim desain yang brilian dan bersemangat yang telah ia bangun,” kata CEO Apple Tim Cook dalam siaran pers. “Setelah bertahun-tahun bekerja sama dengan erat, saya senang bahwa hubungan kami terus berkembang dan saya berharap untuk bekerja dengan Jony jauh ke masa depan.”
Selanjutnya, Ive akan mendirikan perusahaan desain independen bernama LoveFrom.