Contact Information

Alamat: Komplek Rumah Susun Petamburan Blok 1 Lantai Dasar, Tanah Abang - Jakpus 10260

We're Available 24/ 7. Call Now.
5 Cara untuk Tetap Aman di Facebook
SHARE:

Technologue.id, Jakarta - Facebook senantiasa mengingatkan para penggunanya untuk menjaga informasi dan identitas pribadi, agar tetap aman dari pencurian atau aksi kejahatan di online. Hal ini menjadi sangat penting jika mereka menggunakan jejaring sosial ini untuk menyampaikan sebuah kabar, pendapat atau komentar. Layaknya platform dan layanan online lain yang kita gunakan setiap hari - mulai dari perbankan dan belanja hingga media sosial lainnya - Facebook memiliki serangkaian kebijakan dan fitur untuk menjaga identitas dan informasi pribadi Anda tetap terlindungi dari ancaman pembajakan. Berikut lima hal dasar dari fitur keamanan Facebook yang harus Anda ketahui untuk menjaga data pribadi tetap aman. Fitur ini sangat mudah diakses melalui menu Pengaturan > Umum > Keamanan dan Login.

Baca Juga: Facebook Tutup Ratusan Akun dan Group Terindikasi Saracen

1. Apakah itu saya? Where You’re Logged In (Dimana Anda Login) menunjukkan lokasi Anda login dan perangkat yang Anda gunakan. Hal ini sangat berguna untuk memberitahukan Anda aktivitas yang aneh atau tidak biasa, yang dilakukan oleh pihak lain dan juga memberikan Anda opsi mengambil tindakan dengan cara keluar dari perangkat tersebut. Penting untuk memeriksanya secara berkala jika Anda mengakses Facebook di komputer umum atau perangkat milik orang lain. 2. Apakah itu Anda? Facebook merekomendasikan pengguna untuk mendaftarkan diri agar mendapatkan pemberitahuan terkait login yang tidak dikenal. Ketika Anda mengaktifkan fungsi ini, Anda akan menerima notifikasi di akun Facebook, Facebook Messenger, dan email yang terdaftar, yang menginformasikan Anda jika ada pihak lain yang telah login melalui perangkat tak dikenal. Anda juga dapat memilih 'not me' dan keluar dari perangkat tersebut. 3. Kata sandi Banyak orang menggunakan kata sandi yang mudah diingat dan berkaitan dengan pengalaman pribadi. Yang menjadi isu adalah hal ini sangat mudah ditebak orang lain. Sangat penting untuk menggunakan kata sandi yang kuat dan unik sehingga tidak mudah ditebak. Sebaiknya Anda menggunakan kombinasi unik angka, karakter, dan kata, dan juga mengunjungi menu 'Changing Password' (Ubah Kata Sandi) secara berkala.

Baca Juga: Pesan Terkirim di Facebook Messenger Kini Sudah Bisa Dihapus

4. Akses Keamanan Ganda Cara lain untuk memperkuat pertahanan Anda adalah dengan memanfaatkan 'two-factor authentication' atau 2FA untuk login. Fungsi 2FA Facebook membuat akun lebih aman karena Anda harus menggunakan kombinasi identifikasi personal untuk login - biasanya kata sandi Anda dan kode unik login yang dikirimkan ke nomor ponsel melalui pesan singkat. Lapisan kedua perlindungan ini banyak digunakan oleh bank dan penyedia layanan online lain yang menggunakan data pribadi atau data keuangan. Setelah akun sudah aman, Anda dapat mendaftarkan perangkat yang sering dipakai untuk Authorized Logins (Login yang Resmi), yang tidak membutuhkan kode dan juga mengatur App Passwords (Kata Sandi Aplikasi) khusus. 5. Pilih orang yang dapat dipercaya Facebook memampukan Anda untuk mengatur sistem keamanan ekstra termasuk memilih 3 hingga 5 orang teman yang dapat dihubungi jika Anda tidak dapat mengakses akun Anda. Fungsi ini sangat bermanfaat jika seseorang mengakses akun Anda dan mengganti email dan kata sandi. Pilih Reveal my Trusted Contacts (Ungkap Kontak Tepercaya) dan ketik nama lengkap teman Anda. Selanjutnya Anda akan menerima link yang hanya dapat diakses oleh orang tersebut, dan mereka dapat memberikan Anda kode untuk mengakses kembali akun Anda.

SHARE:

CIA Bikin Media Sosial Palsu Sebar Propaganda China

Google Tingkatkan Keamanan Browser Chrome dari Malware dan Phishing