5 Keunggulan Playstation 5

- Advertisement -

Technologue.id, Jakarta – Sony akhirnya secara resmi memperkenalkan PlayStation 5 (PS5) kepada publik. Suksesor PS4 tersebut memiliki desain futuristik baru dengan segala fitur unggulan paling update.

Tak seperti pendahulunya yang mengusung cangkang berwarna hitam pekat, PS5 kini tampil dengan balutan warna putih dan hitam, serta bisa didirikan secara vertikal maupun horizontal.

Baca Juga:
Evolusi Playstation dari Generasi ke Generasi

Wujud controller nirkabel DualSense milik PS5 juga mengadopsi bahasa desain yang sama. Jika dilihat dari posisi horisontal, bagian atas konsol tersebut (yang berwarna putih) terlihat melengkung dan tidak rata, begitu juga bagian bawahnya yang mengusung bahasa desain serupa.

Sementara bagian tengah yang tampak berwarna hitam dipakai untuk menyematkan sejumlah fitur PS5 seperti ventilasi udara, port USB-A, port USB-C, dan lain sebagainya.

Waktu loading PS5 akan sangat cepat

PS5 mengusung solid state drive (SSD), yakni sebuah hardware yang lebih ngebut ketimbang hard disk tradisional. SSD ultra-cepat di PS5 akan mengurangi waktu loading. Mark Cerny, arsitek sistem utama untuk PS5, sebelumnya memamerkan bagaimana SSD akan mempersingkat waktu loading dengan menggunakan gim Marvel’s Spider-Man.

Sebagai perbandingan, saat gim Marvel’s Spider-Man dimainkan di PS4 Pro membutuhkan 8,10 detik untuk loading. Sedangkan pada PS5, waktu loading berkurang menjadi hanya 0,8 detik.

Untuk informasi, SSD memiliki lebih banyak bandwidth, sehingga data dapat diambil dari SSD saat dibutuhkan. Itu artinya waktu load akan sangat berkurang dan booting dari standby seharusnya juga jauh lebih cepat.

Teknologi audio 3D yang imersif

Sony telah menciptakan teknologi audio sendiri untuk PS5 yang disebut Tempest 3D Audio Engine. Ini menggunakan hardware yang dibangun khusus serta algoritma software untuk membuat suara audio dalam game lebih realistis dan nyata. Dengan kata lain, itu akan jauh lebih imersif ketimbang generasi sebelumnya.

Perbedaannya, kata Cerny, adalah bahwa solusi khusus akan bekerja dengan semua headphone stereo di pasaran, dan pada akhirnya soundbars, speaker TV dan sistem hiburan rumah – tidak seperti Dolby Atmos.

Baca Juga:
Mengenal PlayStation 5 Digital Edition

Game PS4 bisa dimainkan di PS 5

PS5 akan kompatibel dengan game PS4. Menurut Cerny, “hampir semua” dari 100 game teratas PS4 akan dapat dimainkan saat diluncurkan. Tapi game PS4 apa yang akan dimasukkan? Menurut Cerny, 100 game teratas sedang diurutkan berdasarkan waktu bermain, tetapi kami tidak tahu persis game mana yang akan berhasil.

Sony belum mengkonfirmasi apakah PS5 kompatibel dengan PS3, PS2 atau PlayStation asli, tetapi sepertinya tidak mungkin. Sejauh ini, perusahaan hanya berfokus pada kompatibilitas dengan PS4.

4K UHD Blu-ray drive

PS5 akan memiliki pemutar Blu-ray 4K bawaan. Itu berarti PS5 juga bisa menjelma sebagai sistem hiburan rumah, tidak hanya konsol game.

Selain itu, PS5 mampu memproduksi konten beresolusi hingga 8K. Bisa dibayangkan bagaimana rasanya bermain game dengan resolusi 8K.

Kontroler Dengan Haptic Feedback

Kontroler PS5 menggunakan haptic feedback, menggantikan vibrasi tradisional. Feedback haptic membuat feedback lebih responsif dan sensitif sehingga dapat menyesuaikan berbagai kondisi game.

Akan ada feedback berbeda antara game racing dan game first person shooter ketika dimainkan. Kontroler juga akan memiliki trigger adaptif yang dapat diprogram sesuai tingkat ketegangan game.

- Advertisement -

Latest News

Mantan petinggi Grab dan Tokopedia Galang Pendanaan US$5.6 Juta

Technologue.id, Jakarta - Wagely, sebuah platform kesejahteraan keuangan yang menawarkan Earned Wage Access (EWA) atau akses upah instan, mengumumkanpengumpulan pendanaan sebesar US$5,6...

Waduh, Server EA Kena Hack dan Curi Kode Penting Game!

Technologue.id, Jakarta - Server Electronic Arts (EA), perusahaan game besar dari Amerika Serikat, kena bobol peretas (hacker). Aksi itu diduga terjadi pada...

PUBG MOBILE Rilis Mode Baru “Traverse Insectoid”

Technologue.id, Jakarta - PUBG Mobile rilis mode baru bernama Traverse Insectoid. Di mode ini, pemain bakal ikut dalam pertempuran rudal dengan kondisi menyusut...

Inisiatif ‘Hyperlocal’ Tokopedia Dorong UMKM Palembang Raup Untung Ratusan Juta

Technologue.id, Jakarta - Inisiatif 'Hyperlocal' Tokopedia kian membawa dampak positif bagi pegiat usaha lokal di Indonesia. Pempek Cek Dung dan Pabrik Kerupuk...

Sony Luncurkan Drone Airpeak S1, Bisa Terbang Hingga 90 Km/Jam

Technologue.id, Jakarta - Sony resmi meluncurkan drone Airpeak pertamanya. Adalah Airpeak S1, drone ini ditujukan untuk pembuatan film profesional.

Related Stories