5 Tips Optimalkan Kamera Smartphone untuk Tugas Sekolah Online

- Advertisement -

Technologue.id, Jakarta – Selama pandemi, sekolah online sudah menjadi bagian kehidupan sehari-hari yang mau tidak mau membuat orangtua harus mahir mengoperasikannya untuk mendukung proses belajar anak di rumah.

Namun seringkali orangtua juga menemukan kesulitan saat harus membuat video interaktif yang sering dijadikan tugas sekolah oleh guru. Mulai dari angle pengambilan video yang kurang pas hingga resolusi video yang terlalu rendah sehingga terlihat blur maupun pecah-pecah.

Untungnya smartphone saat ini sudah dibekali kemampuan kamera yang mumpuni untuk mengambil video. Agar kualitas video tugas sekolah online anak semakin berkualitas, berikut ada tips mengoptimalkan kamera smartphone Anda untuk hal ini.

  1. Beli smartphone yang bisa merekam video 4K
    Kenapa harus bisa merekam video 4K? Tentunya untuk menghasilkan rekaman video terbaik untuk mendukung belajar anak dengan harapan bisa mendapat nilai tinggi dari guru di sekolah. Selain itu dengan video resolusi tinggi seperti ini, hasil video akan terlihat lebih nyata, jernih dan bisa menangkap semua detail gerakan yang dilakukan anak.

    Jika dulu fitur perekaman video berkualitas 4K hanya bisa ditemukan pada smartphone kelas flagship, tapi kini smartphone kelas menengah pun sudah banyak yang dibekali dengan fitur ini. Hal ini tentu saja semakin memudahkan Anda jika ingin beli smartphone khusus belajar online agar kegiatan belajar anak lebih lancar.

    Jika Anda berpikir smartphone yang bisa merekam video 4K pasti mahal, tunggu dulu! Ada smartphone kelas menengah seperti Samsung A51 yang sudah mendukung perekaman video 4K dengan harga hanya sekitar Rp 3,9 juta untuk varian 6GB/128GB. Cukup terjangkau bukan?
  2. Gunakan tripod
    Terkadang tangan bisa gemetar jika harus memegang smartphone dan merekam video dalam waktu lama. Belum lagi jika anak aktif bergerak kesana kemari yang membuat Anda harus mengikuti pergerakannya agar video yang dihasilkan bagus. Hasilnya video malah terlihat terguncang kesana kemari yang bisa membuat pusing yang menontonnya.

    Solusi agar video tetap terlihat tenang, tidak bergerak random kesana kemari dan fokus pada anak adalah dengan menggunakan tripod. Hal ini akan bantu menghasilkan video yang lebih stabil. Anda pun bisa sekaligus memandu anak dalam menyelesaikan tugas sekolah yang harus di videokan tersebut.
  3. Manfaatkan fitur OIS pada kameranya
    Fitur OIS atau Optical Image Stabilization adalah teknologi yang berfungsi untuk menstabilkan video yang direkam meski objek bergerak atau tangan yang memegang smartphone bergoyang-goyang.

    Fitur ini memungkinkan Anda merekam video yang terlihat lebih halus meski anak aktif bergerak saat merekam tugas sekolahnya.

    Jika smartphone Anda memiliki fitur ini, tentu akan sangat membantu dalam menghasilkan video yang tidak goyang dan juga fokus.
  4. Pakai resolusi video tertinggi
    Kamera smartphone memiliki setting yang bisa Anda ubah sesuai keinginan. Untuk hasil video yang lebih baik dan jernih, sebaiknya atur kamera menggunakan resolusi tertinggi yang tersedia untuk merekam video.

    Dengan begini hasil video akan terlihat dengan jelas dan tidak akan pecah meskipun dikirim ke guru yang bersangkutan menggunakan layanan cloud maupun mengirim file mentah langsung lewat email, Google Classroom maupun WhatsApp group sekolah.

    Contohnya jika Anda memiliki Samsung Galaxy A51, maka Anda memiliki opsi untuk mengatur resolusi video 4K@30fps atau Full HD1080p@30/120fps untuk hasil rekaman video yang lebih jernih. Jika smartphone yang Anda punya hanya mampu merekam video beresolusi 720p juga bisa dipilih karena masih tergolong video HD.
  5. Gunakan aplikasi video
    Selain kamera bawaan, Anda bisa mendownload aplikasi efek dan juga ganti latar video di Play Store secara gratis. Dengan begini Anda bisa menambah efek maupun menggunakan latar pengambilan video anti mainstream tanpa mengubah resolusi video yang sedang direkam.

    Namun ada baiknya pilih aplikasi video yang gratis dan juga tidak menyertakan watermark sehingga video tugas sekolah anak terlihat lebih rapi meskipun memakai efek dan latar yang unik.

Itulah tadi berbagai tips yang bisa orangtua lakukan dalam memaksimalkan penggunaan kamera smartphone untuk merekam video tugas sekolah anak. Sebagai tambahan, untuk hasil video yang lebih berkualitas, lakukan pengambilan video saat pagi hingga sore hari agar video tidak terlihat gelap.

Jika mengambil video di dalam kamar, pastikan jendela dibuka agar sinar matahari masuk dan menjadi lighting alami agar video terlihat lebih cerah. Anda juga bisa menghidupkan lampu agar anak terlihat jelas saat direkam melakukan tugas dari guru.

Meski terkadang tidak mudah, namun dengan dukungan smartphone yang pas maka kegiatan belajar online selama pandemi ini akan semakin lancar. Anda pun perlu mendampingi anak saat belajar agar penggunaan smartphone tepat sasaran bukannya dipakai untuk bermain game atau nonton YouTube secara berlebihan. Semoga bermanfaat!

- Advertisement -

Latest News

Honor 50 Resmi Meluncur, Kembali Adopsi Layanan Google

Technologue.id, Jakarta - Honor resmi merilis smartphone teranyar yaitu Honor 50 Series, di China. Jajaran seri ini hadir dalam tiga model, yakni...

Honor Kembali Gunakan Google Mobile Services

Technologue.id, Jakarta - Sejak memanasnya perang dagang antara Amerika Serikat dan Tiongkok pada tahun 2020 lalu membuat Huawei dan Honor tidak bisa...

Huawei Tak Jadi Rilis Mate 50 Tahun Ini?

Technologue.id, Jakarta - Umumnya, hampir setiap tahun Huawei meluncurkan dua produk flagshipnya yakni seri P dan seri Mate. Namun tahun ini, sepertinya...

Bukalapak Bakal IPO pada Agustus 2021

Technologue.id, Jakarta - Perusahaan e-commerce, Bukalapak akan melakukan penawaran umum perdana atau initial public offering (IPO) pada bulan Agustus mendatang.

Smartfren Uji Coba 5G di Frekuensi 26 GHz, Seberapa Kencang?

Technologue.id, Jakarta - Smartfren bersama dengan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) menguji jaringan 5G pada Kamis (17/6/2021) dengan menggunakan frekuensi 26 GHz...

Related Stories