7 Perbedaan Windows 11 dan Windows 10

- Advertisement -

Technologue.id, Jakarta – Windows 11 menjadi produk sistem operasi terbaru keluaran Microsoft. Bagi pengguna Windows 10 bisa secara gratis meng-update sistem operasi tersebut. Tentu setelah Microsoft secara resmi merilis produk ini

Secara resmi, Windows 11 memang sudah diluncurkan pada 24 Juni 2021. Namun, untuk penggunaan secara luas diperkirakan baru akan rilis pada kuartal ketiga tahun ini.

Meskipun begitu, antusiasme menyambut Windows 11 benar-benar luar biasa. Nah, sebelum memasang Windows 11 di perangkat Anda, ada baiknya mengetahui perbedaan dengan generasi sebelumnya yaitu Windows 10.

Baca Juga:
Spesifikasi Perangkat untuk Instal Windows 11

Apa saja perbedaannya, berikut pembahasan yang dirangkum Technologue.id dari berbagai sumber.

Desain dan antarmuka

Windows 11 menghadirkan antarmuka baru yang lebih mirip Mac, sistem operasi besutan Apple. Ini memiliki desain ramping dengan sudut membulat dan warna pastel. Itu menu awal yang ikonik juga bergerak ke tengah layar bersama dengan bilah tugas. Tetapi Anda dapat memindahkannya kembali ke kiri jika Anda mau, seperti di Windows 10.

Integrasi aplikasi Android

Aplikasi Android akan hadir di Windows 11 dan dapat diinstal dari Microsoft Store. Ini adalah sesuatu yang telah ditunggu-tunggu oleh pengguna Windows selama bertahun-tahun, dan menandai langkah lain untuk menggabungkan perangkat seluler dan laptop.

Dukungan yang lebih baik untuk desktop virtual

Anda akan lebih mudah membuat desktop virtual yang berbeda dan beralih di antara Windows 11 dibandingkan dengan Windows 10.

Windows 11 memungkinkan Anda mengatur desktop virtual dengan cara yang lebih mirip Mac, beralih di antara beberapa desktop sekaligus untuk penggunaan pribadi, kantor, sekolah, atau game. Sebelumnya di Windows 10, fitur ini lebih sulit untuk diatur dan digunakan.

Baca Juga:
Mau Instal Windows 11, Ini Syaratnya

Transisi yang lebih mudah dari monitor ke laptop

Sistem operasi baru ini mencakup fitur yang disebut Grup Snap dan Tata Letak Snap – kumpulan aplikasi yang Anda gunakan pada saat yang sama yang berada di bilah tugas dan dapat muncul pada saat yang sama atau diminimalkan untuk peralihan tugas yang lebih mudah. Mereka juga memudahkan Anda untuk menyambungkan dan memutuskan sambungan monitor, tanpa kehilangan lokasi jendela yang terbuka.

Microsoft Teams ditambahkan ke bilah tugas

Microsoft Teams dibangun langsung ke bilah tugas di Windows 11 untuk panggilan video yang lebih mudah.

Tim mendapat facelift dan akan terintegrasi langsung ke taskbar Windows 11, membuatnya lebih mudah untuk diakses (dan sedikit lebih mirip dengan FaceTime Apple). Anda dapat mengakses tim dari Windows, Mac, Android, atau iOS.

Widget

Widget dari bilah tugas di Windows 11 dapat melihat informasi tentang cuaca, berita, saham, dan lainnya secara sekilas.

Peningkatan teknologi Xbox

Windows 11 membawa beberapa tambahan teknis dari Xbox untuk permainan yang lebih baik.

Windows 11 mendapatkan beberapa fitur di konsol Xbox, seperti HDR Otomatis dan DirectStorage, untuk menyempurnakan permainan di PC Windows Anda. Ini menandai langkah lain menuju integrasi PC dan konsol Xbox untuk Microsoft.

- Advertisement -

Latest News

Related Stories