Contact Information

Alamat: Komplek Rumah Susun Petamburan Blok 1 Lantai Dasar, Tanah Abang - Jakpus 10260

We're Available 24/ 7. Call Now.
Ada Celah Keamanan Lagi di CPU, Kalau Diperbaiki Malah Begini Dampaknya
SHARE:

Technologue.id, Jakarta – Sebuah celah keamanan pada CPU modern yang mirip dengan Meltdown dan Spectre telah ditemukan. Namanya Speculative Store Bypass (varian 4). Menurut Intel, celah keamanan ini sebenarnya dapat ditangkal pula oleh patch anti-Meltdown yang mereka berikan pada browser macam Safari, Edge, dan Chrome, beberapa waktu lalu. Namun selain itu, celah ini juga memerlukan update firmware pada CPU.

Baca juga:

Ada Celah Keamanan di WhatsApp, Facebook Malah Santai

Yang jadi masalah, mengutip TheVerge.com (21/05/2018), update firmware ini bisa mempengaruhi performa CPU. Alhasil, update microcode beta yang diberikan Intel khusus untuk menanggulangi Speculative Store Bypass ini pada para OEM diatur non-aktif secara default. Harapannya, agar konsumen tidak merasakan efek negatif para performa yang dibawa oleh update firmware ini.

Baca juga:

Siapa Kira? Game dan Browser Ini Ternyata Malware Miner Cryptocurrency!

Celah yang ditemukan bersama-sama oleh Microsoft dan Google ini pun memaksa user memilih, antara performa CPU yang optimal atau keamanan. Akan tetapi, Anda para pengguna individu mungkin tidak perlu terlalu mengkhawatirkan celah ini, sehingga Anda tetap bisa mengesampingkan ancaman dari Speculative Store Bypass. Beda cerita kalau Anda mengelola sistem administrator organisasi, mungkin Anda perlu mengorbankan performa demi keamanan sistem admin Anda.

Baca juga:

Akhirnya, Masalah “Gaibnya” Emoji Twitter Sudah Diperbaiki

Sementara itu, Microsoft tengah bekerja sama dengan produsen chip ternama, Intel dan AMD, untuk mencari solusi dari isu ini. "Kami berkomitmen untuk memberikan pencegahan lebih lanjut kepada pelanggan kami segera setelah tersedia, dan sesuai standar kebijakan kami untuk masalah risiko rendah, kami akan menyediakan perbaikannya melalui Update Tuesday (istilah perilisan security patch Microsoft setiap hari Selasa kedua atau keempat di tiap bulannya) kami,” jelas perwakilan raksasa Redmond itu.  

SHARE:

Mobil Balap Toyota All New Agya GR Sport Raih Podium Pertama di ISSOM 2024

Waspada Penjahat Siber Susupi Robot Toy untuk Komunikasi dengan Anak