Copyright 2022 Technologue ID. All rights reserved.

Latest News Headline Apps

Adobe Luncurkan Creative Cloud Express, Mirip Canva

byChoiru Rizkia - editorDenny Mahardy Dec 15, 2021

Technologue.id, Jakarta - Adobe meluncurkan aplikasi baru bernama Adobe Creative Cloud Express untuk membuat desain lebih mudah.

Adobe Creative Cloud Express menawarkan versi basic tools pengeditan gambar dan video. Ini memungkinkan pengguna dapat bekerja dengan layer, efek AI, dan perpustakaan font yang lengkap, semuanya dengan antarmuka yang disederhanakan yang seharusnya membuat fitur lebih mudah digunakan.

Baca Juga:
Adobe Bawa Photoshop ke Versi Web

Dikutip dari TheVerge, Creative Cloud Express dirancang agar pengguna baru tidak perlu terlalu mendalami aplikasi. Seperti diketahui, banyak orang membutuhkan sesuatu yang sederhana dan lebih mudah diakses.

Adobe Creative Cloud Express adalah platform desain berbasis situs web dan aplikasi mobile yang mirip dengan Canva, baik dari segi antarmuka juga fitur-fitur yang diusungnya.

Dari segi fitur, pengguna dapat membuat desain grafis untuk berbagai macam keperluan. Mulai dari desain poster, logo, posting media sosial, kolase, sampul buku, thumbnail YouTube, resume, dokumen presentasi, dan masih banyak lainnya.

Seperti Canva, pengguna juga bisa menggunakan template yang disediakan untuk mempermudah ketika membuat desain. Ada pula ikon, background, dan stok gambar dari Adobe Stock yang bisa digunakan untuk mempercantik desain yang dibuat pengguna.

Selain itu, Adobe Creative Cloud Express juga mengintegrasikan layanan lainnya ke dalam platform. Misalnya, pengguna bisa mengedit foto (mengonversi format foto, menghapus background, me-resize) dan mengedit video (konversi format video, crop, reverse, menggabungkan video, dsb).

Ada pula tindak cepat (quick action) untuk memproses berkas. Misalnya menghapus latar belakang, mengubah gambar jadi GIF, menggabungkan video, dll. Pengguna juga bisa membuat animasi ringan untuk desain.

Baca Juga:
Siap-siap, Adobe Bakal Hapus Photoshop Sketch dan Illustrator Draw

Dalam pengumumannya, Adobe juga menyebutkan bahwa mereka sedang dalam proses mengakuisisi layanan ContentCal.

Nantinya, fitur layanan itu masuk ke Adobe Creative Cloud Express untuk menjadwal kiriman ke media sosial .Jadi nampaknya melalui aplikasi ini Adobe ingin menyediakan satu sarana one-stop-shopping untuk membuat konten media sosial.

Aplikasi Adobe Creative Cloud Express 2021 ini sudah hadir untuk smartphone, baik Android dan iOS, juga melalui web (via browser). Pengguna bisa menggunakanya secara gratis. Namun tentunya pelanggan Adobe dan yang berlangganan versi Premium akan mendapat kelebihan lain.

Pengguna hanya tinggal mendaftar (sign up) menggunakan alamat e-mail atau opsi lainnya. Untuk mendapatkan akses menyeluruh dan benefit lainnya, pengguna bisa membayar biaya langganan sebesar US$ 9,99 per bulan atau setara Rp 143.000.

#Adobe #Canva #CreativeCloudExpress

Baca Juga