Alibaba Cloud Dukung Program Kartu PraKerja

- Advertisement -

Technologue.id, JakartaAlibaba Cloud, tulang punggung teknologi digital dan inteligensi dari Alibaba Group, kembali mendukung pelatihan talenta digital di Indonesia, dengan memberikan dukungan infrastruktur digital untuk Kartu Prakerja. 

Setahun sejak diluncurkannya program yang diprakarsai oleh pemerintah Indonesia untuk para pekerja yang terkena dampak pandemi,  terhitung lebih dari 7,9 juta orang di 34 provinsi  telah menerima dana pelatihan dan insentif tunai untuk 1.700 bidang pekerjaan.

“Kami menggandeng platform digital yang menawarkan pelatihan dari Lembaga Pelatihan di marketplace mereka, untuk mengatasi permasalahan utama di pasar tenaga kerja di Indonesia, yakni adanya kesenjangan antara kecakapan yang dimiliki para pencari kerja dengan kecakapan yang dibutuhkan oleh industri,” ujar Denni Puspa Purbasari, Direktur Eksekutif Manajeman Pelaksana Kartu Prakerja, dalam siaran persnya.

Baca Juga:
Dorong Transformasi Digital UKM, Alibaba Cloud Gencarkan Strategi Hybrid Cloud

Perusahaan penyedia layanan cloud computing terdepan ini, mendukung program Kartu Prakerja di Indonesia sejak tahun 2020, dengan memanfaatkan teknologi cloud-native Alibaba Cloud, seperti AnalyticDB, Data Lake Analytics (DLA) dan Alibaba Cloud Container for Kubernetes, serta kemampuan autoscaling, yaitu sistem keamanan dan jaringan yang tangguh.

“Dukungan kami terhadap Program Kartu Prakerja sejalan dengan komitmen jangka panjang Alibaba Cloud kepada masyarakat Indonesia. Kami percaya bahwa talenta digital sangat penting untuk mendorong pertumbuhan ekonomi digital, dan kami bertekad untuk menawarkan teknologi, keahlian, dan pengalaman terdepan kami, agar dapat terus berkontribusi pada upaya pelatihan tenaga kerja secara konsisten di Indonesia,” ungkap Leon Chen, General Manager Alibaba Cloud Indonesia.

Dengan menggandeng 165 lembaga pelatihan, 5 mitra pembayaran, 7 platform digital, 4 institusi pendidikan, dan 3 portal pekerjaan, diharapkan partisipasi masyarakat terhadap program Kartu Prakerja dapat terus meningkat di tahun 2021. 

Selain itu, pengembangan talenta digital juga merupakan salah satu komitmen jangka panjang Alibaba Cloud untuk berkontribusi pada perkembangan bisnis masyarakat di Indonesia. Maka dari itu, sejak awal tahun 2020, Alibaba Cloud telah berhasil membangun kerja sama dengan beberapa universitas lokal, seperti Universitas Bina Nusantara, Universitas Prasetiya Mulya, Universitas Gadjah Mada (UGM), Sekolah Tinggi Teknologi Informasi NIIT (I-TECH), dan Universitas Kristen Krida Wacana (UKRIDA) untuk pelatihan talenta digital.

Baca Juga:
7 Peran Penting Teknologi Alibaba Cloud Dalam Mendukung Festival Belanja Online Terbesar di Dunia

Terdapat pula inisiatif pelatihan digital lain yang turut dikembangkan Alibaba Cloud, seperti Alibaba Cloud Academy dan Alibaba Cloud Academic Empowerment Program (AAEP), Alibaba Netpreneur Training, dan Alibaba Global Digital Talent Network yang diprakarsai oleh Alibaba Business School.

“Kami percaya transformasi digital tidak hanya semata-mata untuk kemajuan teknologi saja, tapi juga untuk perkembangan sumber daya manusia. Karena itu, kami akan terus bekerja sama dengan universitas, inkubator, dan para mitra untuk meluncurkan lebih banyak program pelatihan digital di seluruh Indonesia di tahun 2021 dan seterusnya,” tutup Leon Chen.

Tahun ini, mereka menargetkan pembinaan setidaknya 50.000 lebih talenta digital dan membekali mereka dengan pengetahuan dan keahlian mulai dari teknologi berbasis cloud, artificial intelligence, analitik data  yang diharapkan dapat mendukung kebutuhan transformasi digital di negara ini.

- Advertisement -

Latest News

Related Stories